Geser China di Hari Terakhir, AS Juara Umum Olimpiadi Tokyo 2020

  • Bagikan
Tim voli putri memastikan Amerika Serikat juara umum Olimpiade Tokyo. Foto: AP via CNN Indonesia

TERASLAMPUNG.COM — Pada hari terakhir, Minggu (8/8/2021), Amerika Serikat berhasil menyalip China dalam mendulang medali emas sehingga membuat AS menggeser China sekaligus menjadi juara umum Olimpiade Tokyo 2020.

Saat penutupan klasemen medali hari Sabtu (7/8), China masih unggul dua medali emas atas Amerika Serikat. China mengumpulkan 38 emas, 31 perak, dan 18 perunggu. Sementara itu Amerika Serikat memiliki 36 emas, 39 perak, dan 33 perunggu.

Namun dari sisa jadwal di hari terakhir, Minggu (8/8), Amerika Serikat punya peluang lebih banyak untuk meraih medali emas. Amerika Serikat masih punya potensi meraih lima emas tambahan sedangkan China hanya bisa menambah maksimal satu emas di hari terakhir.

Tim basket putri dan pembalap sepeda Jennifer Valente sukses menyumbangkan medali emas yang membuat Amerika Serikat menggeser posisi China di pertengahan hari Minggu.

Tim basket putri AS menaklukkan Jepang dengan skor 90-75. Brittney Griner jadi penyumbang poin terbanyak lewat catatan 30 poin disusul A’ja Wilson dengan torehan 19 angka.

Jennifer Valente juga jadi yang terbaik di nomor omnium. Ia mengalahkan Yumi Kajihara dari Jepang dan Kirsten Wild dari Belanda.

Tambahan dua emas tersebut membuat Amerika Serikat sudah bergeser ke posisi pertama dengan jumlah emas sama, yaitu 38 medali namun unggul dalam jumlah perak.

Pada saat yang hampir bersamaan, petinju Keyshawn Davis sedang berlaga di kelas ringan dan tim voli putri di babak final melawan Brasil.

Seandainya salah satu dari mereka mendapat emas Amerika Serikat dipastikan bakal mengunci status juara umum Olimpiade Tokyo.

Keyshawn Davis kalah dari Andy Cruz dengan skor 1-4. Namun tak lama berselang, tim voli putri Amerika Serikat mampu menaklukkan Brasil.

CNN Indonesia

  • Bagikan
You cannot copy content of this page