Beranda News Pusiban Geser Kota Metro, IPM Lampung Selatan Tertinggi di Provinsi Lampung

Geser Kota Metro, IPM Lampung Selatan Tertinggi di Provinsi Lampung

543
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Kabupaten Lampung Selatan menggeser posisi Kota Metro sebagai daerah dengna Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Provinsi Lampung.

Berdasarkan data BPS Provinsi Lampung pertumbuhan  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berdasarkan kabupaten/kota Tahun 2014 –  2015 paling tinggi dipegang oleh Kabupaten Lampung Selatan dengan pertumbuhan sekitar 2,31% dan terendah dipegang Kota Metro dengan persentase 0,16%.

Menurut Kepala BPS Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum S, peningkatan IPM di tingkat provinsi Lampung tercermin pada level Kabupaten /kota selama periode 2014 –  2015 seluruh kabupaten /kota mengalami peningkatan IPM.

Pada periode ini,  tercatat tiga kabupaten yang mengalami kemajuan IPM paling cepat yakni Kabupaten Lampung Selatan (2,31%), Kabupaten Mesuji (1,83%) dan Kabupaten Pesawaran (1,62%).

Kemajuan pembangunan manusia di Kabupaten Mesuji dan Pesawaran didorong oleh dimensi pendidikan,  sementara itu Kabupaten Lampung Selatan didorong oleh dimensi pendidikan.

Sedangkan kemajuan pembangunan manusia di Kota Metro (0,16%) dan Kabupaten Tulangbawang (0,36%) dan Kabupaten Lampung Utara (0,48%) tercatat paling lambat perkembangannya selama periode 2014 –  2015.

Mas Alina Arifin

Loading...