Geser Kota Metro, IPM Lampung Selatan Tertinggi di Provinsi Lampung

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Kabupaten Lampung Selatan menggeser posisi Kota Metro sebagai daerah dengna Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Provinsi Lampung.

Berdasarkan data BPS Provinsi Lampung pertumbuhan  Indeks Pembangunan Manusia (IPM) berdasarkan kabupaten/kota Tahun 2014 –  2015 paling tinggi dipegang oleh Kabupaten Lampung Selatan dengan pertumbuhan sekitar 2,31% dan terendah dipegang Kota Metro dengan persentase 0,16%.

Menurut Kepala BPS Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum S, peningkatan IPM di tingkat provinsi Lampung tercermin pada level Kabupaten /kota selama periode 2014 –  2015 seluruh kabupaten /kota mengalami peningkatan IPM.

Pada periode ini,  tercatat tiga kabupaten yang mengalami kemajuan IPM paling cepat yakni Kabupaten Lampung Selatan (2,31%), Kabupaten Mesuji (1,83%) dan Kabupaten Pesawaran (1,62%).

BACA JUGA:   Gubernur Lampung Lepas 100 Peserta Lampung Mengajar

Kemajuan pembangunan manusia di Kabupaten Mesuji dan Pesawaran didorong oleh dimensi pendidikan,  sementara itu Kabupaten Lampung Selatan didorong oleh dimensi pendidikan.

Sedangkan kemajuan pembangunan manusia di Kota Metro (0,16%) dan Kabupaten Tulangbawang (0,36%) dan Kabupaten Lampung Utara (0,48%) tercatat paling lambat perkembangannya selama periode 2014 –  2015.

Mas Alina Arifin

  • Bagikan