Beranda News Obituari Ging Ginanjar, Wartawan BBC Indonesia – Pendiri AJI Meninggal

Ging Ginanjar, Wartawan BBC Indonesia – Pendiri AJI Meninggal

165
BERBAGI
Ging Ginanjar (Foto: dok Noor Korompok|Facebook)

TERASLAMPUNG.COM — Wartawan BBC Indonesia yang juga salah satu pendiri Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ging Ginanjar, meninggal dunia di RS Dhia,Ciputat, Minggu malam, 20 Januari 2019 pukul 19.05 WIB.

Kabar meninggalnya Ging beredar sejak Minggu sore di milis AJI.  Andi Budiman, kawan dekat Ging, mengabarkan melalui akun Facebooknya bahwa pria yang lama menetap di Brussels dan menjadi wartawan di radio Jerman itu meninggal karena serangan jantung.

Jenazah penulis buku Gelombang Kematian Media Pengobar Genosida Rwanda itu rencananya akan dimakamkan di kampung halamannya di Bandung,Senin ,21 Januari 2019.

Ging dikenal sebagai salah satu pendiri organisasi wartawan Aliansi Jurnalis Independen (AJI), yang dibentuk pada 1 Agustus 1994.

BBC melansir, Ging Ginanjar pernah mendekam di penjara setelah ditangkap pada 10 Maret 1998 saat digelar Kongres Rakyat Indonesia (KRI) yang bermaksud “memilih secara simbolik presiden versi rakyat”.

KRI digelar tepat sehari sebelum Soeharto dipilih dan dilantik kembali sebagai presiden.

Fotografer Erik Prasetya mengabadikan jalannya persidangan Ging pada 20 Mei 1998 di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Bersama beberapa seniman dan aktivis, Ging dinyatakan bersalah namun dibebaskan pada hari itu juga. Sehari kemudian Soeharto menyatakan mundur sebagai presiden dan digantikan oleh B.J. Habibie.

Soeharto jatuh setelah muncul demonstrasi besar-besaran yang dimotori mahasiswa di berbagai kota. Aksi mereka juga berhasil menduduki gedung DPR/MPR di Senayan, Jakarta.

Beberapa kawan dan sahabat Ging Ginanjar mengatakan terpukul dengan meninggalnya Ging.

Pendiri AJI dan wartawan senior Goenawan Mohamad menggambarkan Ging sebagai sahabat, teman seperjuangan melawan represi Orde Baru, dan kawan yang menyenangkan.

Sebelum menjadi Redaktur Pelaksana BBC Indonesia, Ging tinggal di Brussels (Belgia) dan menjadi wartawan radio Jerman, Deutsche Welle. Ging juga pernah menjadi wartawan majalah Tempo.

Tempo | BBC | DBS

Loading...