Beranda News Nasional Gita Wirjawan Mundur Sebagai Menteri Perdagangan

Gita Wirjawan Mundur Sebagai Menteri Perdagangan

55
BERBAGI
Gita Wirjawan (Dok Kompas)

Bambang Satriaji/Teraslampung.com

JAKARTA–Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan, Jumat (31/1/2014). Gita akan kosentrasi maju sebagai calon presiden dari Partai Demokrat melalui arena konvensi yang digelar partai berlambang mercy itu.

“Saya akan mengundurkan diri dari posisi saya, efekfif  31 Januari 2014. Ini tentu sudah saya sampaikan ke Pak Presiden,” kata Gita Wirjawan, Jakarta, Jumat (31/1/2014).

Gita mengaku keputusannya untuk mengundurkan diri sebagai menteri Kabinet Indonesia Bersatu itu sudah mendapat restu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kepada Presiden SBY, Gita memberi alasan ingin fokus di dunia politik.

Menurut Gita, ia sudah pernah mengajukan pengunduran diri kepada Presiden SBY pada 2013, yaitu setelah dirinya ikut konvensi Partai Demokrat. Saat itu Gita beralasan mau mengundurkan diri agar tidak ada benturan antara jabatan yang disandangnya dan posisi dia sebagai peserta konvensi.

Gita mengaku pengunduran itu didasarkan pada keyakinan dan kesadaran etis karena akan ada benturan kepentingan jika dia tetap menjabat sebagai menteri sementara dia juga maju sebagai peserta konvensi Partai Demokrat.

Pengundurun diri Gita mendapat sambutan positif dari publik. Sejumlah pemilik akun di media sosial menilai sikap Gita sebagai fatsoen politik yang bagus sekaligus menunjukkan pemilik koran Jurnas itu bersikap jantan.

Selain Gita Wirjawan, menteri yang ikut konvensi Partai Demokrat adalah Menteri Negara BUMN Dahlan Ikan.Sejauh ini belum ada sinyal bos media grup Jawa Pos itu akan mundur sebagai menteri.