Beranda Kolom Kopi Pagi Golda Meir, Malaysia dan Batam

Golda Meir, Malaysia dan Batam

215
BERBAGI

Fadli Pangestu*

Seorang ilmuwan Palestina Dr. Fadil Al Batsh tewas ditembak pada Sabtu, 21 April 2018 lalu di Malaysia saat perjalanan ke mesjid pada Subuh hari.

Kekuarga Batsh menuding pembunuhan itu merupakan operasi intelijen yang dieksekusi Mossad, lembaga telik sandi Israel.

Pasalnya, Batsh seorang ilmuwan muda potensial yang dimiliki Palestina, ahli pulak membuat roket. Tentu ini hal yang bakal menjadi ancaman bagi negara Yahudi itu.

Peristiwa pembunuhan Batsh ini mengingatkan pada operasi Mossad sebagai imbal balik dari pembunuhan 11 orang atlet mereka di perkampungan atlet Olympiade di Munich, Jerman pada 1972 oleh militan Palestina.

Golda Meir, Perdana Menteri keempat Israel yang tengah memimpin negara itu melakukan operasi balas dendam, master mind, eksekutor dan orang yang terkait atas operasi di Munich dihabisin.

Kisah itu secara apik disajikan oleh Steven Spielberg dalam film Munich, film berdurasi 3 jam lebih. Sutradara berdarah Yahudi itu tak patut diragukan dalam meramu film. Tentu dalam film itu PLO dan Palestina seperti lawakan, sebagaimana film Amerika yang mengambarkan KGB seperti anak TK melawan mahasiswa.

Tapi sudahlah, kembali ke Batsh tadi, hingga kini polisi Malaysia belum dapat menyimpulkan siapa pelakunya. Kepala Kepolisian Malaysia meminta untuk tidak menduga-duga.

Tapi pembunuhan ilmuwan Palestina ini merupakan peristiwa kedua di negara itu dalam setahun terakhir yang melibatkan operasi intelijen negara lain. Sebelumnya, kakak tiri Kim Jong-un, Kim Jong-nam, tewas dalam sebuah serangan di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada 13 Februari 2017 lalu. Kim Jong-un pemimpin Korea Utara saat ini.

Pelumur racun ditubuh Kim Jong-nam merupakan warga negara Indonesia, Siti Aisyah. Pembunuhan Kim Jong-nam diyakini sebagai operasi Korea Utara.

Siti Aisyah, setelah ditelusuri ternyata seorang warga Batam pulak, setelah dicek lagi, ternyata seorang pramuniaga celana dalam perempuan (yang diklaim sebagai) antislip di sebuah mal.

Jurnalis, tinggal di Batam