Tekno  

Google Maps Manjakan Pengguna dengan Informasi Cuaca Lokal

Ilustrasi Google Maps. ©XDA Developers
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG–Google sepertinya tidak mau melewatkan waktu seditik pun untuk “memata-matai” warga dunia. Siapa pun yang memiliki akun email di google (gmail.com) secara otomatis akan memiliki akun di google plus, youtube, blogspot. Kalau pemilik akun google memposting foto, misalnya, maka google akan mendokumentasikannya.

Alhasil, Google akan menjadi dokumentator terlengkap di dunia. Bayangkan, kalau ada 6 juta saja pemilik akun yang bepergian atau berwisata lalu mengunggah foto-fotonya di blogspot atau googleplus, maka akan ada jutaan foto pula yang didokumentasikan google.

Nah, baru-baru ini, Google Maps melakukan perombakan besar di versi 9.0 dengan Material Design menjadi versi 9.1, Dengan pembaruan tersebut,  beberapa fitur menarik yang akan memanjakan  seseorang yang ingin melakukan perjalanan ke suatu tempat tujuan spesifik. Sebab, di sana ada detail tentang  cuaca di tempat yang akan seseorang kunjungi.

Misalnya hari ini kita akan piknik ke Krui, di Pesisir Barat, Lampung, maka Google Maps akan bisa jadi panduan apakah saat ini cuaca di Krui bersahabat atau tidak. Dengan begitu, pengguna Google Maps pun lebih mudah merencanakan perjalanannya.

Google Maps 9.1  juga menambahkan fitur perintah suara untuk menampilkan atau menghilangkan informasi kepadatan lalu lintas dari jalur yang akan dilewati pengguna.Fitur cuaca dan waktu lokal pertama kali ditemukan keberadaannya oleh Android Police ketika membedah berkas APK dari aplikasi tersebut.

Sayangnya, fitur ini belum bekerja maksimal. Ketika dicoba, fitur ini ternyata belum bisa muncul.
Update Google Maps 9.1 ini sepertinya juga belum tersedia secara global dan baru tersedia di beberapa negara seperti Amerika Serikat.

Dewira