Beranda Ekbis Bisnis GoPay Dampingi Ribuan Pengusaha Mikro di Lampung Kembangkan Bisnis

GoPay Dampingi Ribuan Pengusaha Mikro di Lampung Kembangkan Bisnis

119
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Lebih dari 15.000 pengusaha UMKM GoPay di Lampung pada Rabu, 20 November 2019, mendapatkan pendampingan langsung dengan tiga pilar utama, yaitu Baik Modal, Baik Penjualan, dan Baik Keuangan.

GoPay menargetkan dapat melatih ribuan rekan usaha mikronya di seluruh Indonesia.

Regional Head Sumatra GoPay, Muhammad Kurnia Adiputra, mengatakan penyusunan materi belajar untuk para pengusaha mikro dirancang berdasarkan pengalaman Gojek dan ekosistemnya dalam memberdayakan jutaan mitra driver dan ratusan ribu mitra UMKM.

“Lewat pengalaman GoPay membantu 380.000 mitra UMKM dalam mengembangkan bisnisnya, kami sangat memahami pentingnya pendampingan langsung serta wadah yang guyub bagi para pelaku UMKM untuk belajar. Mengenalkan metode transaksi nontunal saja tidak cukup, tapi harus diiringi dengan pemahaman mendalam mengenai teknologi digital agar dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi bisnis mereka,” katanya.

Saat ini, kata Adiputra, GoPay telah menggandeng lebih dari 16.000 rekan usaha di Lampung dan 99% di antaranya merupakan pengusaha UMKM.

“GoPay menargetkan untuk dapat melatih seluruh rekan UMKMnya. Pelaksanaan Forum Pedagang Baik terinspirasi dari Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang dihadirkan oleh Gojek untuk para mitra driver, pelatihan Gojek Wirausaha yang telah diberikan kepada ribuan pelaku UMKM di puluhan kota, dan Modul SITATA yang dapat diakses oleh jutaan anggota Arisan Mapan,” kata dia.

Inisiatif GoPay untuk melaksanakan Forum Pedagang Baik ini mendapatkan sambutan positif dari Dinas Koperasi dan UMKM Lampung. Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lampung, Agus Nompitu.

“Forum Pedagang Baik yang diinisiasi oleh GoPay ini sejalan dengan upaya pemerintah Lampung dalam memberdayakan pelaku sektor mikro. Kami di Dinas Koperasi dan UMKM Lampung sepakat dengan GoPay tentang betapa pentingnya pendampingan langsung dalam membantu para pengusaha mikro dalam mematangkan serta memperluas jangkauan usahanya. Kami pun sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh GoPay untuk para pelaku usaha mikro di Lampung,” katanya.

Forum Pedagang Baik telah dilaksanakan di 8 lokasi di Indonesia dan memberikan pelatihan kepada ratusan mitra pengusaha kecil.

Berdasarkan hasil survei yang diikuti oleh peserta Forum Pedagang Baik, lebih dari 90% merasa program ini telah membantu mereka dalam mencatat keuangan dan mengembangkan usahanya sehari-hari. Para rekan usaha UMKM GoPay di Lampung sendiri pun juga telah mencatat peningkatan transaksi dengan GoPay hingga 35 kali lipat.

Manfaat dari pengunaan teknologi untuk mengelola bisnis sudah dirasakan sendiri oleh Maulia Ramli, seorang rekan pengusaha GoPay di Lampung.

Maulia telah memulai usahanya sejak lima tahun lalu dan mulai bergabung sebagai rekan usaha GoPay pada tahun 2018 lalu.

“Sejak saya mulai memanfaatkan metode pembayaran nontunai, saya tidak hanya dimudahkan dalam memiliki pencatatan transaksi dan arus kas yang lebih rapi, namun saya juga mampu menjangkau pembeli lebih luas lagi. Apalagi sekarang GoPay sudah sangat umum digunakan oleh masyarakat. Dengan pencatatan yang lebih rapi, saya pun juga jadi semakin menyadari pentingnya menabung dan terdorong untuk lebih rajin menyisihkan pendapatan sehari-hari untuk ditabung,” katanya.

Forum Pedagang Baik menghadirkan pendampingan dan materi yang terdiri dari tiga pilar yang dirancang khusus untuk para pengusaha mikro.

Dalam pilar Baik Modal, GoPay tidak hanya menekankan pentingnya modal berupa materi, namun juga modal berupa soft skills seperti kemampuan dalam melayani pembeli sehingga pembeli bisa menjadi pelanggan. Dalam pilar Balk Penjualan, GoPay berikan para pengusaha mikro pelatihan mengenai bagaimana cara mengelola bisnis yang baik.

Sementara itu, dalam pilar Baik Keuangan, GoPay melatih para pengusaha mikro agar dapat mengatur keuangannya dengan baik, termasuk cara memanfaatkan transaksi nontuna serta aset digital mereka secara maksimal.

“Dalam menjalankan Forum Pedagang Baik, GoPay terus terbuka dan mengajak berbagai pemangku kepentingan lainnya untuk berkolaborasi. Berkaca dari pengalaman kami dan ekosistem Gojek secara keseluruhan, kami memahami pentingnya kolaborasi dalam menghasilkan dampak sosial yang lebih besar kepada masyarakat. Kami sangat terbuka dan mengajak berbagai pihak untuk bergotong royong meningkatkan perekonomian Indonesia dari piramida yang paling bawah,” ungkap Kurnia.

Loading...