Beranda Ruwa Jurai GP Ansor Way Kanan Luncurkan Program Digdaya

GP Ansor Way Kanan Luncurkan Program Digdaya

167
BERBAGI

Blambangan Umpu, Teraslampung.com—Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Waykanan,Lampung,  meluncurkan program Ansor Digdaya (Mendidik Generasi Memberdayakan Masyarakat) sebagai upaya mendekatkan hingga mengenalkan peran serta organisasi pemuda Nahdlatul Ulama (NU) tersebut pada masyarakat dan pembangunan bangsa Indonesia.

“Bertepatan dengan hari lahir Ansor ke 80 tahun bertema ‘Sinergi Membangun Negeri’, PC GP Ansor Waykanan meluncurkan program kerja bagi seluruh kader yang bernama Ansor Digdaya atau Mendidik Generasi Memberdayakan Masyarakat. Wakasatkorcab Banser Waykanan sahabat Gatot Arifianto kami tunjuk untuk menjadi direktur program tersebut,” ujar Ketua PC GP Ansor Waykanan Supri Iswan di Blambangan Umpu, Kamis ( 24/4).

Supri mengatakan sejumlah program pendidikan bagi generasi bangsa di Waykanan dan Lampung telah dilakukan PC GP Ansor Waykanan. Seperti menggelar lomba menulis transparansi anggaran bagi pelajar SMA sederajat dan mahasiswa se-Lampung bekerjasama dengan Komisi Informasi Lampung.

 Intitusi lain diajak bersinergi mewujudkan Ansor Digdaya menurut Supri ialah Motivator Observer Service Totally (De Most). Kegiatan dilakukan bersama jasa analisa sidik jari tersebut adalah seminar gratis bertujuan memotivasi masyarakat, orang tua, pelajar dan guru di Waykanan untuk meyakini bakat potensi dianugerahi Tuhan Yang Maha Esa.

 “Ansor mempunyai harapan terhadap  Indonesia mendatang, yakni, sebuah negeri berisi masyarakat tangguh. Karena itu, sejumlah upaya mewujudkan hal tersebut akan senantiasa kami lakukan melalui kegiatan-kegiatan positif dan memiliki nilai edukasi,” ujarnya.

Perihal penunjukan Gatot sebagai Direktur Program Ansor Digdaya, Supri mengatakan jika Wakasatkorcab Banser Waykanan itu memiliki jaringan bagus dan senantiasa berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan Ansor.

“Ia kader yang telah dan selalu berbuat untuk organisasi, alumni Pendidikan Kader Penggerak NU Waykanan angkatan pertama, anggota majelis pembimbing cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Waykanan, anggota Aliansi Jurnalis Independen Bandarlampung, koordinator The Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) atau Masyarakat Jurnalis Lingkungan Indonesia wilayah Lampung. Saya optimistis ia mampu mensukseskan program itu,” kata Supri.

Adapun untuk pemberdayaan masyarakat, Supri mengatakan pihaknya sudah membangun komunikasi dengan sejumlah pihak untuk menjadi investor guna mensukseskan Ansor Digdaya.

“Pemberdayaan ekonomi kader dan masyarakat dengan berbagai jalan halal akan kami lakukan, salah satunya mengundang investor untuk bersinergi mengurai persoalan kemiskinan,” kata Supri.

 mencontohkan, pemberdayaan kader dan masyarakat melalui pelatihan pembuatan pupuk organik dan wirausaha perikanan telah dilakukan.

 “Potensi Waykanan antara lain peternakan dan pertanian. Sejumlah pihak telah menyatakan diri siap bergandeng tangan dengan kami untuk membangun tumbuhnya peternakan kecil seperti budidaya ikan hingga kambing guna meningkatkan kesejahteraan kader dan masyarakat. Kami berharap, langkah dan partisipasi kecil ini memberi kontribusi positif bagi pembangunan bangsa Indonesia,” kata Supri. (RL/SQ)

Loading...