Beranda Seni Musik Grup Musik Jazz Asal Bandarlampung Ini Siap Tampil di Ngayogjazz2019

Grup Musik Jazz Asal Bandarlampung Ini Siap Tampil di Ngayogjazz2019

550
BERBAGI
Para personel Opa And Friends.

TERASLAMPUNG.COM — Musisi Lampung kembali mendapatkan kehormatan untuk tampil pada Ngayogjazz. Pada Ngayogjazz2019 yang digelar di Padukuhan Kwagon Desa Sidorejo Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Jogjakarta pada 16-17 November 2019 itu, grup musik Lampung yang mendapatkan undangan adalah Opa And Friends. Ini adalah salah satu band dengan bergenre pop jazz dengan vokalis cewek.

Grup yang tercatat sebagai anggota Komunitas Jazz Lampung ini dimanajeri oleh Asep Tres. Dibentuk pada 2013, Opa And Friens dimotori oleh pianis kawakan Santos,  Sabar Riyanto (bass) Cheppy (drum), Naw (gitar) Garry Tovano (terompet),  Theo (saxophone) Alfansyah (trombone) dan Laras Marchela (vocal), Asep Trest (perkusi), dan Erizal Barmawi (musik tradisi Lampung).

‘’Kami Opa And Friends, sungguh mendapat kehormatan bakal berpartisipasi , mewakili Komunitas Jazz Lampung di event tahunan Ngayogjazz 2019,kesempatan ini bakal kami gunakan, setidaknya membawa nama Lampung ke Kancah Jazz Indonesia,“ kata Asep Trest, Manajer Opa And Friends , Kamis, 24 Oktober 2019.

Hal senada diungkapkan Daniel H Ghanie, penggiat Komunitas Jazz Lampung. Menurut Daniel, sejak 2012, panitia Ngayogjazz selalu mengundang musisi jazz Lampung.

“Undangan ini adalah bentuk kehormatan dari panitia Ggayogjazz. Opa And Friends d pilih untuk mewakili Lampung tahun ini setelah melalui pengamatan yang tidak sebentar. Di Lampung sendiri ada banyak kelompok jazz yang bagus,” katanya.

Ngayogjazz adalah festival musik jazz tahunan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan oleh para seniman dan komunitas musik jazz lokal Yogyakarta sejak tahun 2007.

Komunitas Jazz Lampung pernah ikut tampil di acara Ngayogjazz 18 November 2012 di Jogjakarta, dan Jazz Traffic di Surabaya pada tahun yang sama.

Dengan tagline “Merawat Lampung Dengan Jazz’ Opa N Friends dan Erizal Barnawi  bakal meyertakan bunyian-bunyian – aspek dengaran yang melebur dalam ‘local genius’ – alat musik traditional lampung di beberapa komposisi yang bakal disuguhkan pada publik Ngayogjazz.

Alat musik tradisinal Lampung yang akan diboyong ke Yogya antara lain gamolan pekhing, peting gambus, peting gitar, serdap, dan serdam.

“(Kolaborasi musik tradisi) Ini keunikan dan menjadi ciri khas tersendiri bagi grup band Opa And Friends yang beraliran jazz. Banyak grup band jazz di Lampung, tetapi jarang melirik dan memanfaatkan not-not musik tradisional Lampung,”kata  Erizal Barnawi, musisi Lampung yang juga pengajar musik di Universitas Lampung (Unila)

 

Loading...