Beranda Seni Grup Tari Kontemporer dari Belanda akan Pentaskan “VEIL” di Lampung

Grup Tari Kontemporer dari Belanda akan Pentaskan “VEIL” di Lampung

157
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Pusat Kebudayaan Belanda (Kedubes Belanda di Jakarta)  kembali melakukan lawatan kesenian melalui pertunjukan Tari Kontemporer bertajuk VEIL yang akan dipentaskan AYA Dance Theater di Gedung Pertunjukan Dewan Kesenian Lampung, 20 Oktober 2018 pukul 19.30 WIB.

Menurut koreografer tari Lampung, Dian Angraeni, VEIL digarap dengan konsep dari Weis Bloemen sebuah konsep seni yang cenderung menjadikan media seniman untuk menyampaikan suatu pesan yang berkaitan dengan dialektika masyarakat terhadap budaya di era globalisasi.

“Salah satu contohnya yakni kritik sosial dan dialektika masyarakat di Belanda dalam sebuah representasi pertunjukkan yang dilakukan oleh AYA Dance Theatre dari negeri kincir angin ini,” ujarnya.

Dian Angraeni menjelaskan AYA Dance Theather akan mengangkat tentang keadaan masyarakat di Belanda pada era globalisasi ini, disinggung juga tentang keberadaan keluarga muslim di Belanda.

“Dalam pertunjukan itu, saya menangkap pesan yang mau disampaikan oleh Wies Bloemen selaku konseptor tidak hanya terkait nilai-nilai moral dan kemanusiaan yang harus dijaga dalam lingkup antropologi masyarakat Belanda itu sendiri,” jelasnya.

“Pertunjukannya dalam bentuk teater tari dengan gerak tari kontemporer yang memiliki alur cerita dan simbol-simbol yang dinilai mampu mewakili pesan yang hendak disampaikan,”tambahnya

Menurut Dian, AYA Dance Theather akan membawa 10 personilnya, semuanya dari Belanda. Antara lain Philippe Gabrielle E Vansweevelt, Mouna Laroussi Tahiri dan Louise Lucie Maria Bloemen,.

“Diharapkan dengan penampilan mereka, seniman lampung dapat memperoleh pencerahan terkait estetika gerak dari mereka,” kata Dian Angraeni.

Dandy Ibrahim

Loading...