Beranda Ruwa Jurai Lampung Barat Gubernur Arinal Djunaidi Membuka Liwa Fair 2019

Gubernur Arinal Djunaidi Membuka Liwa Fair 2019

44
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka secara resmi Liwa Fair 2019, di Kawasan Sekuting Terpadu, Senin (23/9/2019) malam.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gamolan Pekhing oleh Gubernur Arinal, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, Wakil Bupati Lampung Barat Mad Hasnurin, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Sudarsono dan Anggota DPR RI terpilih Mukhlis Basri.

Kegiatan Liwa Fair 2019 ini dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Lampung Barat ke- 28. Terlihat antusias warga yang ingin turut memeriahkan gelaran tahunan di Kabupaten Lampung Barat ini.

“Liwa Fair ini sebagai wahana untuk melakukan promosi daerah yang sangat efektif bagi instansi Pemerintah, BUMN/BUMD, Swasta dan UMKM dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan pembangunan di berbagai bidang,” ujar Gubernur Arinal.

Dikatakan Arinal, seperti bidang infrastruktur, kemaritiman, industri, investasi, pariwisata serta menggali potensi produk unggulan dalam rangka membangun perekonomian Lampung Barat yang tangguh dan berdaya saing.

“Masih banyak tujuan-tujuan pembangunan yang belum kita capai dengan maksimal, tidak terkecuali Kabupaten Lampung Barat. Dengan demikian pembangunan di Kabupaten Lampung Barat harus terus dilakukan secara berkelanjutan dengan mengerahkan segenap sumberdaya dan kemampuan yang kita miliki,” katanya.

Mengusung tema ”Indonesia Negeriku Lampung Barat Kopiku”, menurut Arinal, tema tersebut menunjukkan bahwa melalui promosi produk unggulan dapat wujudkan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera.

“Apalagi Provinsi Lampung memiliki banyak obyek wisata termasuk Lampung Barat yang menyediakan berbagai objek, wisata, baik wisata alam dan wisata bahari yang merupakan salah satu bagian dari potensi unggulan daerah yang dimiliki oleh Lampung Barat.

Melihat peluang tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung kedepan melalui program Infrastruktur Lampung Berjaya akan terus melakukan   pembangunan ruas jalan menuju destinasi wisata serta menyediakan infrastruktur penerangan melalui Program Lampung Terang Berjaya,” katanya.

Selain itu, sambung Arinal, juga melalui program ”Lampung Kaya Festival” dimana akan mendorong berbagai kegiatan budaya dan kekayaan alam Lampung sebagai daya tarik festival untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Arinal menilai berbagai sektor pembangunan di Lampung Barat telah menunjukkan peningkatan dan hasil yang memuaskan di berbagai bidang.

“Dengan berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki, seperti pariwisata, perkebunan dan sektor penunjang lainnya Insya Allah Kabupaten Lampung Barat dapat semakin maju,” katanya.

Pada kesempatan itu, Arinal menyempatkan untuk mengunjungi berbagai stand yang ada di Liwa Fair 2019 termasuk stand dari kecamatan di Lampung Barat dan juga stand OPD.

Menurut Arinal, berbagai produk yang ditampilkan, nantinya bisa dipromosikan dan dikembangkan untuk mendukung rest area jalan tol.

“Saat melihat stand tadi, ada bermacam produk yang ditampilkan, ini nantinya bisa dikembangkan untuk mendukung rest area jalan tol. Ini akan diisi oleh UMKM termasuk dari Lampung Barat, tetapi yang terpenting kualitas harus diutamakan terlebih dahulu,” ujarnya.

Arinal menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat berpartisipasi pada Liwa Fair 2019.

“Saya berharap, kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Mengingat, dampaknya sangat besar bagi kemajuan Kabupaten Lampung Barat dan Provinsi Lampung tentunya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Arinal yang menyempatkan hadir di Liwa Fair 2019.

Gubernur Arinal sendiri menjadi Gubernur pertama yang menghadiri penyelenggaraan Liwa Fair sejak digelar pada 2008.

“Ini karena kecintaan beliau kepada Lampung Barat walau perjalan cukup lelah tetapi beliau berkenan hadir, semoga beliau selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan segala urusannya,” ujar Parosil.

Parosil mengatakan penyelenggaraan Liwa Fair ini sebagai media untuk melakukan promosi dan evaluasi Kabupaten Lampung Barat.

“Kegiatan ini sebagai rangkaian rasa syukur cinta kita terhadap kemajuan yang ada di Lampung Barat. Kami ingin berbuat yang terbaik untuk masyarakat Lampung Barat,” katanya.

Menurut Parosil, Gubernur Arinal akan mampu menyalurkan apa yang menjadi keinginan dari Kabupaten Lampung Barat. “Terutama peningkatan produktivitas dan harga kopi,” ucapnya.

Kegiatan Liwa Fair 2019 ini sendiri berlangsung pada tanggal 23-28 September 2019 dengan berbagai rangkaian kegiatan akan dilakukan.

Yakni Pameran Pembangunan dan Hiburan Rakyat meliputi Malam Pembukaan, Lomba Nyambai Kategori Pelajar, Lomba Nyambai Kategori Umum, Lomba Musik Gambus, Lomba Mewarnai Paud/TK, Lomba Fashion Show Paud/TK, Lomba Solo Song Pelajar dan Umum, Pameran Foto dan Talkshow Art.

Kegiatan lainnya yakni Peringatan Hari Kopi Internasional meliputi Pameran Kopi Lambar, Lomba Uji Cita Rasa, Lomba Seduh Kopi, Seminar Kopi dan Talkshow Kopi.

Selanjutnya, digelar Peringatan Hari Badak Internasional meliputi Lomba Jelajah Alam di Kebun Raya Liwa dan Lomba Menggambar Kolase.

Lalu diakhiri dengan Malam Penutupan Liwa Fair pada 28 September 2019 dengan agenda Pengumuman dan Pembagian Hadiah, Sajian Jajanan Rakyat dan Hiburan Rakyat.

Loading...