Beranda News Pusiban Gubernur Arinal Dorong Kabupaten-Kota Berperan Lakukan Pembinaan P2KSS

Gubernur Arinal Dorong Kabupaten-Kota Berperan Lakukan Pembinaan P2KSS

62
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, mendorong peran serta Kabupaten/Kota dalam rangka melakukan pembinaan terhadap program Peningkatan Peranan Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P3KSS).

Hal tersebut disampaikan Gubernur Arinal diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Theresia Sormin saat menghadiri penilaian Verifikasi Lapangan Program Terpadu P3KSS Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019 untuk Kota Bandarlampung, di Kelurahan Sukarame 2 Kecamatan Telukbetung Barat, Jumat (23/8/2019).

Theresia mengatakan penilaian terhadap peran perempuan untuk keluarga sehat sejahtera ini dilakukan secara rutin.

“Hal ini merupakan evaluasi keberhasilan dalam pembinaan yang dilakukan oleh Kabupaten/Kota se- Provinsi Lampung terhadap Program P3KSS tingkat Provinsi,” ujarnya.

Theresia menjelaskan P3KSS ini merupakan salah satu program untuk meningkatkan peran perempuan dalam pembangunan dengan mengembangkan Sumber Daya manusia, Sumber Daya Alam dan lingkungan.

“Ini guna mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia di tingkat desa/ kelurahan dengan perempuan sebagai penggeraknya,” katanya.

Dengan visi Pemerintah Provinsi Lampung yakni Rakyat Lampung Berjaya, Theresia menyebutkan dalam misi ketiga yaitu meningkatkan kualitas SDM dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan dan kaum difabel.

“Di dalam misi tersebut, di antaranya meliputi pelaksanaan upaya pemberdayaan perempuan dalam rangka peningkatan perempuan dalam rumah tangga, sosial ekonomi dan kemasyarakatan serta dalam bidang politik. Kiranya dengan adanya kegiatan penilaian P3KSS Tahun 2019 ini dapat mendukung pelaksanaan visi dan misi Provinsi Lampung,” ujarnya.

Mewakili Gubernur, Theresia berharap agar program terpadu P3KSS yang akan dinilai, dapat menjadi momentum untuk memperhatikan Peranan Perempuan dalam membantu ekonomi keluarga.

“Saya minta kepada Tim Penilai Lomba, untuk melaksanakan penilaian secara objektif, sehingga tujuan dari kegiatan ini benar-benar dapat di pertanggungjawabkan, dan kepada segenap unsur yang terkait, dapat memberikan data, informasi yang benar dan akurat sehingga penilaian dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Sementara itu, Walikota Bandarlampung, Herman HN yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Syaprodi mengatakan bahwa lomba P3KSS di Kelurahan Sukarame 2 guna mendorong warga masyarakat untuk lebih meningkatkan partisipasi aktif dalam pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bandarlampung, khususnya yang menjadi tugas dan fungsi P3KSS.

“Kami berharap verifikasi lomba penilaian lapangan P3KSS di Sukarame 2 akan menghasilkan nilai yang terbaik, persiapan dan kesiapan yang sudah dilakukan pengurus P3KSS akan menjadi pertimbangan bagi tim verifikasi dan Provinsi Lampung,” ujarnya.

Verifikasi lapangan ini, nantinya akan menghasilkan pemenang lomba P3KSS, dimana akan diambil enam pemenang.

Yaitu, juara satu sampai dengan tiga, lalu juara harapan satu sampai dengan tiga. Penghargaan tersebut nantinya akan diberikan pada acara Peringatan Hari Ibu Tahun 2019 di Provinsi Lampung.

Untuk tim penilai diketuai oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Lampung, Bayana.

Anggota tim penilai tingkat Provinsi tersebut terdiri dari Dinas PPPA, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kesehatan, Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung, dan Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung.

Loading...