Gubernur Arinal Harapkan Peningkatan tata kelola BUMDes

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM, Bandarlampung—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi lakukan penandatanganan kerja sama penguatan pemerintahan dan pembangunan desa dengan Universitas Lampung dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), serta lakukan Pelepasan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Universitas Lampung di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Binaan Pemerintah Provinsi Lampung, di Mahan Agung, Selasa (15/2/2022).

Menurut Gubernur Arinal Djunaidi Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk kegiatan akademik sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat. Selain itu, kegiatan PKL juga merupakan wujud partisipasi mahasiswa untuk berkarya dan berperan nyata di lingkungan masyarakat Provinsi Lampung.

Disisi Lain, menurut Gubernur Arinal masalah terbesar yang di hadapi oleh BUMDes adalah lemahnya tata kelola dan sumber daya manusia, Oleh karenanya, dengan adanya kerjasama antara Pemerintah Provinsi Lampung, BUMDes dan Perguruan Tinggi, diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada semua pihak, terutama kepada masyarakat Desa.

“Saya ingin kerjasama ini bukan hanya sekedar seremonial saja, tapi benar-benar dapat berjalan dengan sangat baik dan dapat meningkatkan tata kelola BUMDes,” ucap Gubernur.

“Dalam pembangunan ekonomi kerakyatan tidak boleh ada yang tertinggal, dimulai dari pedesaan, karena 70% masyarakat Lampung bekerja disektor pertanian, dan itu adanya di Desa,” lanjutnya.

Menurut Gubernur Arinal Djunaidi, Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa menjadi salah satu kunci untuk mewujudkan desa yang maju, mandiri dan sejahtera sesuai dengan Visi Gubernur Lampung yaitu Rakyat Lampung Berjaya, dan Misi Gubernur Butir ke 5 (lima) yaitu Membangun Kekuatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Pertanian dan Wilayah Pedesaan yang Seimbang dengan Wilayah Perkotaan.

Hal tersebut dilakukan melalui program unggulan Provinsi Lampung, yaitu BUMDes Menuju Desa Berjaya di Provinsi Lampung, Desa Mart, e-Samdes (elektronik Samsat Desa) dan Implementasi Kartu Petani Berjaya (KPB).

Kemudian Gubernur juga meminta kepada Adik-adik Mahasiswa yang melakukan PKL untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan dapat menjaga nama baik Almamater.

“Jangan berpikir jauh-jauh, yang penting berkarya, dan berguna pengetahuannya bagi masyarakat. Bantu pengelolaan BUMDes hingga bisa berfungsi dengan baik dan berkembang, Koperasi desa bisa bangkit, dan Desa mart menjadi program unggulan masyarakat desa,” pinta Gubernur.

Sementara itu Rektor Universitas Lampung yang di Wakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Yulianto, M.Si, mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Arinal Djunaidi dimana Universitas Lampung (Unila) dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Lampung untuk mambantu meningkatkan tata kelola BUMDes dengan menugaskan mahasiswa untuk melakukan PKL di BUMDes.

Adapun saat ini terdapat 158 Mahasiswa yang akan melakukan PKL di 53 BUMDes di Kabupaten Pesawaran, Pringsewu, dan Lampung Selatan.

“Harapan kami dengan adanya mahasiswa-mahasiswa kami yang PKL di BUMDes dapat membantu meningkatkan tata kelola BUMDes di Provinsi Lampung dan kami Unila selalu siap membantu progam pembangunan di Provinsi Lampung,” pungkas Yulianto.