Beranda Ruwa Jurai Tanggamus Gubernur Buka Acara Bulan Menanam Nasional di Tanggamus

Gubernur Buka Acara Bulan Menanam Nasional di Tanggamus

362
BERBAGI
Gubernur M.Ridho menanam pohon dalam acara BMN

Bandarlampung, Teraslampung.com—- Gubernur M Ridho Ficardho bersama Ibu Aprilani Yustin Ficardo  yang sekaligus ketua TP PKK Provinsi Lampung memberi sambutan pada acara peringatan Bulan Menanam Nasional (BMN) dan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) serta Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon tingkat Provinsi Lampung, di lapangan kantor Bendungan Batutegi , Tanggamus.

Gubernur M.Ridho Ficardo dalam sambutannya pada acara hari menanam pohon Indonesia ke 7 yang bertema “Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan”,  membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “pemilihan tema ini dimaksudkan untuk mendorong masyarakat ikut membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik sekaligus menyediakan bahan baku bagi industri kuhutanan dan menyerap karbon dioksida di udara dalam rangka ikut berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim,” katanya.

Dia juga menjelaskan tentang terbitnya undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, maka urusan Pemerintah Pusat adalah pada perencanaan hutan dan pengawasan. Sedangkan urusan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Pusat dan dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi adalah pengelolaan hutan, konservasi sumberdaya alam hutan, pendidikan dan penelitian, penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat di bidang kehutanan dan pengelolaan daerah aliran sungai. Adapun urusan yang bupati/walikota adalah pelaksanaan pengelolaan Taman Hutan Raya di Kabupaten/kota,

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo juga menyampaikan pesan kepada penggiat dan masyarakat, bahwa menanam pohon jangan hanya dijadikan acara seremonial semata, selain itu beliau juga menekankan bahwa menanam pohon adalah langkah mudah namun mendasar untuk menjaga bumi.
Sementara itu,  Ibu Gubernur Aprilani  Yustin Ficardo sebagai TP-PKK Provinsi Lampung mengatakan  bahwa Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara Pohon (GPTP) Provinsi Lampung merupakan gerakan moral untuk ikut menjaga kelangsungan alam Lampung. Selain itu dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa TPP-PKK Provinsi Lampung memberi bantuan 1400 batang kepada 14 pekon kader PKK di kecamatan air naningan, Tanggamus. “Kita akan memberikan bibit buah-buahan untuk ditananam di rumah masing-masing ke 14 pekon kader PKK di kecamatan air naningan,” katanya.

Pada  acara peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia ini juga hadir wakil ketua TP-PKK Provinsi Lampung atau istri dari Wakil Gubernur Bakhtiar Basri, Bupati Tanggamus, Bupati Lampung Utara, Danlanal, dan segenap DPRD Provinsi Lampung serta jajaran Forkopimda Provinsi Lampung. Secara simbolik mereka juga beramai-ramai ikut menanam pohon.

Dalam acara tersebut  Gubernur Lampung melepaskan ratusan burung kutilang secara simbolik yang beberapa waktu lalu baru di tangkap di Bakauheuni yang di bawa oleh pelaku penangkapan binatang secara besar-besaran. Selain itu di lepas pula beberapa jenis ular dan seekor elang hitam.

Selain itu, Gubernur Lampung beberapa hari lalu  mewakili Provinsi Lampung menerima penghargaan pada lomba menanam satu milyar pohon oleh Presiden Jokowi di Wonogiri, Jateng juga memberikan penghargaan ke Kabupaten/Kota dalam lomba penanaman satu milyar pohon. Tingkat Provinsi Lampung. Untuk tingkat Kabupaten dimenangkan oleh Lamtim, diikuti Way Kanan dan Lamsel. Untuk tingkat kota dimenangkan oleh Kota Metro. Gubernur juga mendukung Gerakan Lampung Menghijau dengan memberi bantuan 193.570 batang bibit untuk Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung dan diterima oleh perwakilan Dinas Kehutanan dan perkebunan Kabupaten Tanggamus. (Gede/Lina)

Loading...