Beranda News Pusiban Gubernur Lampung Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

Gubernur Lampung Ajak Masyarakat Gemar Makan Ikan

218
BERBAGI
Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo bersama kelurga di Pantai Qiun Arta, Sabtu (9/5) mengajak masyarakat Lampung Gemar makan ikan .

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com—Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo
mengajak masyarakat  gemar  makan  ikan laut maupun ikan sungai  karena di Lampung masih mudah didapat dengan harga yang relatif murah dan  terjangkau oleh seluruh lapisan masyarat. Selain itu  juga ikan juga merupakan salah satu protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan.

“Apapun jenis ikannya, karena lemak yang terdapat dalam ikan adalah lemak tak jenuh, hal ini membuatnya mudah untuk bisa dicerna oleh tubuh dengan baik” kata gubernur saat bersama
Istri  Aprilani Yustin  Ficardo dan kedua anaknya bersantai di Pantai Qiun Artha Bandarlampung , Sabtu (9/5).

Sementara itu, menurut Ibu Aprilani  Yustin Ficardo yangg juga Ketua TP-PKK Provinsi Lampung menjabarkan bahwa kandungan nutrisi ikan antara lain Asam lemak Omega-3Vitamin : D dan B2 (riboflavin). kalsium fosfor mineral : zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.
Sehingga mengkonsumsi ikan secara teratur bermanfaat mencegah penyakit jantung.
Manfaat pertama dari konsumsi ikan adalah mencegah penyakit jantung. Ketua TP-PKK mencontohkan orang Jepang dan Eskimo jarang berpenyakit jatung mengingat dalam sehari, orang Eskimo mengkonsumsi ikan sekitar 300­-400 gram dan orang Jepang biasa mengkonsumsi 100-200 gram ikan setiap harinya.

Selain itu juga mencegah  penyakit kolesterol. Seseorang yang rentan terkena penyakit jantung koroner adalah orang yang memiliki kadar kolesterol di atas 300 mg/dl. Namun, ancaman dari penyakit kolesterol tidak akan terjadi jika rutin mengkonsumsi ikan. Manfaat minyak   ikan (cold liver) yang ada di dalam ikan, mengandung asam lemak  tak  jenuh yang baik untuk kesehatan jantung yaitu asam lemak omega tiga.

Disamping itu memfasilitasi program diet sehat. Jika sedang menjalankan program diet, mengkonsumsi ikan merupakan pilihan yang baik untuk tubuh. Ikan kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi.  Selanjutnya sebagai Bunda PAUD Lampung,  Aprilani Yustin Ficardo mengajak kepada anak Lampung jika ingin pintar makanlah ikan, karena manfaat omega tiga  sangat ampuh sebagai nutrisi yang dapat mencerdaskan otak.

“Kepada ibu-ibu disarankan untuk membiasakan makan ikan sejak menyusui. Berikan anak ikan secara rutin ikan tim (bukan digoreng ) karena lebih banyak nutrisinya konsumsi ikan segar, pilih ikan yang tidak terkontaminasi. Dan jika kita semua jika ingin sehat dan pintar makanlah ikan secara teratur,” katanya.

Acara santai keluarga gubernur di pantai Arta Quin  menikmati keindahan pantai dan  semilir angin laut. Gubernur Lampung  juga ditemani oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung Setiato sambil menikmati masakan sederhana dengan menu  ikan laut . (Mas Alina)