Gubernur Lampung Berikan Tali Asih Rp100 Juta untuk Peraih Medali Perak Olimpiade London 2012

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyerahkan bantuan tali asih dari Pemerintah Provinsi Lampung kepada Atlet Angkat Besi Citra Febrianti peraih Medali Perak Oliampiade London 2012. Penyerahan Bantuan dilangsungkan di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Bandarlampung, Jumat (3/6/2021).

Perjuangan Citra Febrianti untuk memperoleh haknya sebagai peraih Medali Perak Olimpiade London 2012 sangatlah panjang dan berliku.

Citra yang turun di kelas 53 kilogram sebelumnya hanya menempati peringkat empat, berada di bawah Zulfiya Chinshanlo (Kazakhstan), Hsu Shu-ching (Taiwan), dan Christina Lovu (Moldova). Pada tahun 2016 Zulfiya Chinshanlo dan Christina Lovu terbukti menggunakan doping, sehingga membuat Komite Olimpiade Internasional (IOC) mencabut medali emas Zulfiya Chinsanlo dan medali perunggu Christina Lovu.

Meski demikian, keputusan tersebut ternyata tidak langsung membuat Citra Febrianti ditetapkan sebagai peraih medali perak Olimpiade London 2012 oleh IOC.

BACA JUGA:   Inilah Kandidat Penerima Penghargaan Adipura 2015 - 2016 di Lampung

Citra Febrianti kemudian melakukan inisiatif menghubungi PB PABBSI, Kemenpora, KONI, hingga Komite Olimpiade Indonesia (NOC). Setalah delapan tahun berjuang, akhirnya IOC mengirimkan sebuah surat pada 19 November 2020, yang isinya resmi menetapkan Citra Febrianti sebagai peraih medali perak Olimpiade London 2012.

Atas prestasi tersebut Gubernur Arinal Djunaidi memberikan apresiasi atas prestasi Citra Febrianti mengharumkan nama Provinsi Lampung, dan Indonesia ke kancah dunia melalui cabang olah raga angkat besi.

Pada pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, Gubernur Lampung didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Hannibal SH MH, Ketua Umum KONI Provinsi Lampung Yusuf Sulfarano Barusman, menyerahkan bantuan Tali Asih dari Pemerintah Provinsi Lampung kepada Atlet Angkat Besi Citra Febrianti sebesar Rp. 100jt dan juga kepada pelatihnya Edy Santoso, sebesar Rp.50 jt.

BACA JUGA:   Gubernur Ridho Hadiri Malam Penganugerahan Penghargaan CSR 2016

Gubernur Arinal meminta agar Dinas Pemuda dan Olah Raga serta Koni Lampung tidak terbuai dengan preatasi ini, Gubernur menegaskan agar dunia olah raga di Lampung dapat bangkit kembali ke masa kejayaannya.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Lampung mengapresiasi prestasi dan perjuangan Atlet Angkat Besi Kita, Citra Febrianti, tapi jangan terlena, kita tingkatkan lagi faisilitas dan pembinaan, kalau perlu kita tarik lagi pelatih dan atlet kita yang ada di luar, supaya prestasi atlet kita terus meningkat, terutama cabang olah raga angkat besi, senam, karate, renang, termasuk saya mau sepak bola juga ditingkatkan.” pungkas Gubernur Arinal.

  • Bagikan