Gubernur Lampung Luncurkan Aplikasi SIKAP

  • Bagikan
Aplikasi SIKAP Lampung bisa diuunduh di Google Playstore

TERASLAMPUNG.COM — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meluncurkan aplikasi Sistem Kantor Virtual Pegawai (SIKAP) Provinsi Lampung di Rumah Dinas Gubernur Lampung, Mahan Agung, Senin (3/1//2021).

Arinal berharap dengan adanya apliklasi ini kinerja pegawai Pemprov Lampung akan lebih baik lagi.

“Birokrasi yang baik menjadi kunci Pemerintahan yang baik untuk melaksanakan pembangunan dengan target kinerja mewujudkan 33 (tiga puluh tiga) janji kerja Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata Arinal.

Aplikasi SIKAP merupakan inovasi yang baik dan menjadi bukti bahwa Pemerintah Provinsi Lampung, khususnya dalam bidang kepegawaian terus berbenah diri memberikan pelayanan terbaik berbasis digital kepada masyarakat khususnya ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Aplikasi ini berbasis web dan dapat langsung digunakan melalui handphone, laporan kegiatan dan absensi berbasis gambar dan lokasi, sehingga lebih memudahkan pimpinan dalam melakukan monitor dan evaluasi secara berjenjang terhadap bawahannya.

Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan, fenomena revolusi industri 4.0 telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia, termasuk ekonomi, dunia kerja, bahkan gaya hidup manusia. Revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang termasuk dalam dunia pemerintahan/birokrasi.

 

“Reformasi birokrasi ini mencakup penerapan prinsip transparansi dan akuntabilitas dalam pengambilan keputusan dan penegakan disiplin, tidak hanya disiplin kehadiran dan kinerja tetapi juga disiplin dalam pelaksanaan anggaran, serta disiplin dalam pengelolaan aset, pembangunan budaya kerja, kultur birokrasi yang berbasis etika dan inovasi,” katanya.

Dengan penerapan reformasi birokrasi ini, Arinal berharap  akan terwujud praktik pemerintahan yang bersih dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Reformasi Birokrasi juga dilakukan agar tercipta birokrat yang responsif, kompetitif dan inovatif, terutama inovatif dalam teknologi. Artinya birokrat yang responsif menyikapi aspirasi dan tuntunan masyarakat.

  • Bagikan