Beranda Politik Gubernur Lampung Minta ASN Netral dalam Pilkada 2020

Gubernur Lampung Minta ASN Netral dalam Pilkada 2020

418
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menegaskan aparatur sipil negara (ASN) harus menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 mendatang. Untuk itu, Gubernur akan memerintahkan jajaran di bawahnya untuk mengirmkan surat edaran kepada delapan Pemkab dan Pemkot di Lampung yang menggelar Pilkada 2020.

“Saya akan mengirim surat kepada seluruh Kabupaten/ Kota untuk menjaga netralitas ASN, terutama bagi Kabupaten / Kota yang akan mengikuti Pilkada tahun ini,” kata Arinal, saat menerima kunjungan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Lampung di Ruang Kerja Gubernur, Jumat, ( 24/1/2020).

Tahun ini ada enam kabupaten dan dua kota di Lampung yang menggelar pilkada langsung. Yaitu, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Way Kanan, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Pesawaran, Kota Bandarlampung, dan Kota Metro.

Ketua Bawaslu Lampung, Fatikhatul Khoiriyah, mengatakan pertemuan Bawaslu Lampung  dengan Gubernur Lampung selain perkenalan beberapa anggota Komisioner baru Bawaslu juga untuk koordinasi menyukseskan Pilkada 2020.

“Untuk menyukseskan Pilkada, Bawaslu harus melakukan koordinasi dan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Ke depan kami juga akan melakukan koordinasi dengan seluruh Forkopimda Provinsi Lampung,” katanya.

Menurut Fatikhatul, delapan daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada saat ini sudah mulai melakukan tahapan persiapan dengan baik.

“Bawaslu mengingatkan kembali tentang larangan bagi Bupati /wakil Bupati yang mencalonkan kembali di daerah yang melaksanakan Pilkada yang sama untuk mengadakan mutasi atau melantik pejabat. Petahana tidak boleh mutasi pejabat dalam waktu enam bulan sebelum penetapan calon, sampai dengan akhir masa jabatan,” katanya.

 

Loading...