Beranda News Pusiban Gubernur Lampung Minta Pendapatan Daerah Bisa Dioptimalkan

Gubernur Lampung Minta Pendapatan Daerah Bisa Dioptimalkan

255
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Gubernur Lampung  Ridho Ficardo meminta jajarannya untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam pelaksanaan Revisi ke II Peraturan Daerah tentang Retribusi Daerah.

“Hal itu agar dapat mengoptimalkan pendapatan dari sektor retribusi di Provinsi Lampung,” kata Sekdaprov Lampung Sutono, saat menyampaikan pesan Gubernur Lampung dalam Focus Group Discussion (FGD)  II Perda Retribusi Daerah Tahun 2017, di Ballroom Hotel Novotel ,Bandarlampung, Kamis (21/12/2017).

Menurut Sutono, retribusi daerah harus bisa dioptimalkan bila mungkin dimaksimalkan.

“Maka, perlu dibuat terobosan terhadap suatu program-program yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan daerah melalui retribusi daerah,” ujar Sutono.

Sutono mengatakan retribusi berfungsi untuk meningkatkan pendapatan daerah.

“Itu merupakan konsekuensi adanya pelaksanaan otonomi daerah. Sebab, dalam otonomi daerah Pemerintah Daerah dituntut untuk lebih mandiri dalam pengelolaan keuangan dan mencari sumber-sumber pendapatan sesuai dengan potensi daerah masing-masing,” katanya.

Menurut Sutono, setiap daerah mempunyai potensi pendapatan yang berbeda-beda karena perbedaan kondisi ekonomi, sumber daya alam, besaran wilayah dan besaran penduduk, sehingga memungkinkan masing-masing daerah memberi penekanan yang berbeda-beda pada sektor pemasukan daerah.

Sutono mengatakan untuk mengatur otonomi dalam upaya membangun daerah Lampung, memerlukan anggaran Rp8 Trilyun.

“Dari jumlah itu, untuk membangun Lampung, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta memberikan kontribusi 0,1 persen atau Rp8 miliar pada retribusi daerah,” kata Sutono.

Sutono mengatakan, setiap tahunnya tuntutan untuk menyejahterakan masyarakat semakin besar.

“Tentunya dengan kebutuhan anggaran dalam pembiayaan pengeluaran daerah juga ikut meningkat pada era otonomi daerah saat ini. Oleh sebab itu, perhatian pemerintah daerah melalui para OPD harus ditumpahkan pada upaya memaksimalkan segala bidang yang berpotensi dalam menunjang Pendapat Asli Daerah (PAD),”katanya.

 

Loading...