Beranda News Pusiban Gubernur : LKA Momentum Silaturahmi dan Koordinasi Anggota Pramuka

Gubernur : LKA Momentum Silaturahmi dan Koordinasi Anggota Pramuka

89
BERBAGI
Assisten Bidang Ekbang Adeham mewakili Gubernur Lampung dalam acara LKA di Lapangan Rektorat Unila, Sabtu (21/5)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo berharap Kegiatan Lokabina Karana Adhiguna (LKA) dapat menjadi momentum untuk meningkatkan silahturahmi dan koordinasi antara sesama anggota pramuka. Demikian disampaikan oleh Asisten

Bidang Ekbang Adeham mewakili gubernur Lampung  dalam Kegiatan Lomba Lokabina Karana Adhiguna di Lapangan Rektorat Universitas Lampung, Sabtu (21/5).

Dalam sambutan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekbang Adeham menjelaskan bahwa Undang-Undang Gerakan Pramuka Pasal 11 menyebutkan bahwa pendiidkan kepramukan termasuk dalam pendidikan non formal sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional  yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai gerakan pramuka.

Kegiatan Lokabina Karana Adhiguna merupakan momentum yang tepat untuk menggelorakan semangat Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka yaitu nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai keimanan, kejujuran, cinta tanah air, kasih sayang sesama makhluk, tolong menolong dan gotong royong, bertanggung jawab, disiplin, hormat, serta suci dalam pikiran, perbuatan dan perkataan.

Selain itu, Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo berharap melalui Kegiatan LKA ini para peserta dapat mengembangkan semangat persatuan dan kesatuan, berbangsa dan bernegara, semangat Bela Negara,  semangat cinta lingkungan, semangat pengabdian untuk membangun serta semangat  pengabdian kepada masyarakat dan bangsa.

“Saya berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial belaka tetapi dapat digalakkan menjadi agenda rutin tahunan dalam setiap kegiatan gerakan pramuka dalam rangka membentuk watak, kepribadian dan akhlak mulia serta wawasan dan pengalaman”, ujarnya

Sementara itu, dalam laporan Ketua Reka Kerja Lokabina Karana Adhiguna Shohib Abdul Azis menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan hingga Minggu (22/5) ini bertujuan untuk mengasah kreatifitas melalui kompetisi sportif guna mewujudkan generasi muda yang berkualitas  serta terbinanya keterampilan Racana Raden Intan – Puteri Simalaya dalam manajemen kegiatan.

Shohib menambahkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh  peserta golongan siaga sebanyak 99 orang, golongan penggalang sebanyak 1.025 peserta,  golongan penegak dan pandega sebanyak 1.802 peserta.”Adapun  peserta dalam kegiatan ini terdiri dari pramuka golongan siaga, golongan penggalang, dan penegak se-kwartir daerah Lampung serta pramuka golongan pandega se-Sumatera dan Jawa”, jelasnya.

Dalam kegiatan ini juga turut dikukuhkan peserta didik Pramuka Pandega Universitas Lampung sebagai Pramuka Garuda Golongan Pandega. Selain itu juga  dilaksanakan kegiatan Pesta Siaga, PBB Putra Putri, Tata Cara Upacara Bendera, Pidato Billingual, Speech Contest, Mading, Stand Up Comedy, Debat, Cerdas Tangkas Pramuka serta berbagai kegiatan lainnya. (Rls/Lina)