Gubernur : Peran Keluarga dan Masyarakat Penting Dalam Perlindungan Anak

Bagikan/Suka/Tweet:
Sekda Lampung Arinal Djunaidi berserta narasumber dalam acara Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak di Emersia, Kamis (5/11)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–Gubenur Lampung M.Ridho Ficardo menyatakan dalam membangun  Sumber Daya Manusia (SDM)  yang berkualitas, keluarga, orang tua dan masyarakat memegang peranan penting, dalam upaya kesejahteraan dan perlindungan anak.

 “Semua orang tua harus bisa menjadikan anak sebagai teman sahabat. Karena anak  adalah penentu keharmonisan suatu rumah tangga. Butuh kedekatan khusus kepada anak agar anak mudah diarahkan  dan tidak segan terhadap orang tuanya sendiri. Luangkan waktu agar anak merasa dilindungi dan tidak mencari kesenangan diluar rumah. Sehingga tidak terjadi lagi kekerasan terhadap anak”, kata Sekretaris Daerah Lampung Arinal Djunaidi mewakili gubernur Lampung dalam Rapat Koordinasi dalam Upaya Peningkatan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak di Hotel Emersia, Kamis (5/11/2015).

Sekda menegaskan, pemahaman orangtua dalam mengasuh dan mendidik anak dengan baik merupakan kunci keberhasilan untuk menurunkan tingginya tingkat kekerasan terhadap anak, yang kini marak terjadi di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung, Dewi Budi Utami menjelaskan terkait Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Pemerintah Provinsi Lampung telah mengeluarkan kebijakan diantaranya  Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 6 Tahun 2006 tentang Pelayanan Terpadu terhadap Perempuan dan Anak Korban Tindak Kekerasan dan Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 4 Tahun 2008 tentang Pelayanan terhadap Hak-hak Anak.

“Melalui peraturan tersebut diharapkan dapat memenuhi hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh,   berkembang   dan   berpartisipasi  secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Selain itu mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Sehingga terwujud anak di Provinsi Lampung yang berkualitas dan berakhlak”, ujarnya.

Sementara itu, Asdep Urusan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Drs. Rudoro Susanto menambahkan rapat koordinasi ini guna meningkatkan kinerja serta membangun komitmen baik pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota se-Provinsi Lampung dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak di Privinsi Lampung.
“Kegiatan ini sebagai wahana untuk meningkatkan pemahaman dan komitmen pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak”, tambahnya

Diinformasikan  Karo Humas dan Protokol Bayana , rapat koordinasi ini turut menghadirkan narasumber diantaranya Guru Besar Departemen Ilmu Keluarga Institut Pertanian Bogor Prof. Euis Sunarti, Tenaga Ahli Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Dra. Byarlina Gyamitri dan Adi Dananto dari The Asia Foundation. Mas Alina Arifin