Beranda Hukum Gubernur Ridho dan Sejumlah Kepala Daerah di Lampung Terima Penghargaan HAM

Gubernur Ridho dan Sejumlah Kepala Daerah di Lampung Terima Penghargaan HAM

393
BERBAGI
Presiden Jokowi menyerahkan penghargaan HAM kepada sejumlah kepala daerah (FotoL tribunnews)

TERASLAMPUNG.COM —Sejumlah kepala daerah di Lampung menerima penghargaan sebagai pembina Hak Asasi Manusia (HAM) terbaik dari Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Penyerahan penghargaan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia ke-69 Tahun 2017 di The Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017).

Kepala Daerah di Lampung yang memperoleh penghargaan antara lain Gubernur Ridho Ficardo,Bupati Lampung Timur Chusnania Chalim, Bupati Tanggamus, Bupati Pringsewu, Bupati Tulangbawang, Bupati Lampung Tengah, Bupati Lampung Barat, dan Walikota Metro.

Pada kesempatan itu Gubernur Ridho diwakili  Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hery Suliyanto, Bupati Tulangbawang diwakili Wabup Heri Wardoyo,Bupati Tanggamus diwakili Wabup Syamsul Hadi.

Gubernur memperoleh penghargaan tersebuini karena dinilai berhasil membtina HAM kabupaten/kota sepanjang Tahun 2016.

Gubernur Ridho menjadi salah satu dari 24 Gubernur (seluruhnya 34 Provinsi) yang menerima penghargaan tersebut. Daerah lain yang mendapatkan penghargaan antara lain Jawa Tengah dan sejumlah bupati di Indonesia, termasuk bupati dari Lampung.

Berbeda dengan penghargaan untuk Gubernur yang diserahkan Presiden Jokowi, penghargaan untuk Bupati/Walikota diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly dan diterima oleh pimpinan daerah masing-masing.

Berdasarkan laporan ketua panitia penyelenggara Bapak Yasonna H Laoly kriteria pemberian penghargaan bagi kabupaten/kota peduli HAM adalah karena daerah tersebut telah melakukan kegiatan/program yang telah berdimensi HAM serta peduli akan nilai-nilai kemanusiaan di daerah masing-masing.

Pada acara tersebut pemerintah membagikan  penghargaan untuk 232 daerah dari Provinsi, Kota, serta Kabupaten di Indonedia yang masuk kategori peduli HAM, dan 84 daerah yang masuk kategori cukup peduli HAM.

Penyerahan penghargaan secara simbolis dilakukan Presiden Jokowi kepada 3 Provinsi, di antaranya Jawa Tengah, Bangka Belitung serta Bali.

Untuk kategori kota diwakili Kota Solo, Gunungsitoli dan Ambon. Sementara pada kategori Kabupaten, diwakili oleh Kabupaten Tapin, Sangihe, dan Mimika.

Setelah penyerahan penghargaan berlangsung, Presiden Jokowi memaparkan dirinya bangga terhadap kinerja semua pihak yang turut berkontribusi menyalurkan prinsip-prinsip HAM di Indonesia.

“Saya mengapresiasi kinerja semua pihak, mulai dari Pemerintah Daerah hingga wali kota yang mengembangkan daerah yang berwawasan HAM, untuk Komnas HAM, dan rekan-rkan aktivis HAM, terima kasih. Selamat Hari HAM, untuk Indonesia adil dan sejahtera,” ujarnya.

Meski begitu, menurur Presiden Jokowi masih ada Pekerjaan Rumah untuk menuntaskan pelanggaran HAM di masa lalu.

“Pelanggaran HAM masa lalu masih menjadi tugas bangsa yang harus dituntaskan. Perlu ada kerja keras pemerintah bersama masyarakat untuk menuntaskan PR tersebut.Kerja bersama kita hadirkan untuk peradilan HAM, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Jokowi.

Loading...