Beranda Views Kisah Lain Guru Pejuang dari Lampung Utara Ini Tetap ke Sekolah Meski Harus Menerjang...

Guru Pejuang dari Lampung Utara Ini Tetap ke Sekolah Meski Harus Menerjang Banjir

5881
BERBAGI
Bu Guru Yuliana menerjang banjir (Foto: Erwan Septiawan)

TERASLAMPUNG.COM — Saat banjir datang, wilayah Desa Bandar Agung, Kecamatan Muara Sungkai, Kabupaten Lampung Utara mungkin tidak terjangkau banyak media. Media arus utama di Lampung mungkin sedang sibuk membuat liputan banjir di tempat lain.

Karena keterbatasan jumlah wartawan, media ini pun luput memberitakan banjir yang merendam wilayah ini. Namun, untunglah banyak netizen yang aktif sehingga sepenggal cerita ini bisa muncul di media sosial.

Salah satunya adalah pemilik akun Facebook dengan nama Erwan Septiawan. Dalam unggahannya pada Selasa tengah malam (21/1/2020) Erwan menampilkan beberapa foto yang mengisahkan banjir di Bandar Agung. Bukan soal banjirnya yang menarik perhatia, tetapi perjuangan seorang guru bernama Yuliana.

Bu Yuliana dengan seragam warna yang sepadan dengan warna air banjir, tampak berjalan kaki menembus banjir. Ketinggian air cokelat itu tidak kurang dari 60 cm. Bahkan, ada foto yang menggambarkan Bu Yuliana badannya terendam hingga di atas pinggang.

Yang menarik dengan epik ini adalah: tidak terlihat ada wajah mengeluh. Bu Yuliana tetap bertekad sampai ke sekolah untuk mengajar meskipun dengan risiko rok dan bajunya basah kuyup.

Perjuangan Bu Guru Yuliana untuk mengajar sangat kontras alias paradoks dengan kisah pilu yang baru-baru ini melanda Pemkab Lampung Utara. Ya, beberapa bulan lalu publik di Indonesia disuguhi berita tentang operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara.

Beberapa hari lalu, publik di Lampung juga disuguhi pengakuan seorang mantan pejabat Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lampung Utara tentang uang setoran yang dialirkannya untuk bekas orang nomor wahid di Lampung Utara.

Berbeda dengan pejabat yang dicokok KPK–yang ‘dirayakan’ warga Lampura dengan aneka cara–laku perjuangan Bu Guru Yuliana banyak yang mendoakan.

“Semoga Pemerintah Kab Lampura Bisa Melihat Perjuangan Guru Di Daerah Jauh Dari Kota,” tulis pemilik akun Rajo Sah Batin saat membagikan ulang foto-foto yang diunggah oleh Erwan Septiawan.

Tidak dijelaskan kapan peristiwa banjir itu terjadi. Belum juga terkonfirmasi apakah para siswa di SDN 03 Bandar Agung tetap belajar pada saat banjir itu melanda. Yang pasti, foto-foto yang diunggah di medsos ini sungguh menginspirasi banyak orang.

Berikut ini pengantar Erwan Septiawan ketika mengunggah beberapa foto Bu Guru Yuliana di Facebook:

Ini lah perjuangan seorang guru di pelosok desa
Yg luput dri perhatian dinas setempat
Berjuang menyusuri banjir untuk mencerdaskan anak-anak didik nya
Beliau bernama YULIANA, mengajar di SDN 03 bandar Agung kec. Muara Sungkai kab. Lampung Utara
Semoga dinas terkait bisa menanggulangi banjir yg setiap tahun pasti datang ketika sungai sungkai meluap.

Guru di gugu dan di tiru
Semoga beliau selalu dalam lindungan ALLAH..
Aamiin…

 

Loading...