Beranda News H-5 Lebaran, ASDP Merak Seberangkan 45.397 Kendaraan ke Pulau Sumatera

H-5 Lebaran, ASDP Merak Seberangkan 45.397 Kendaraan ke Pulau Sumatera

2642
BERBAGI
Antrean kendaraan di Pelabuhan Merak yang akan menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni, Sabtu malam (9/6/2018).

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN — Arus mudik kendaraan pribadi yang menyeberang dari Pelabuhan Merak, Banten menuju ke Pelabuhan Bakauheni Minggu 10 Juni 2018 malam ini, semakin ramai dan masih terus mengalir padat. Bahkan tidak hanya pemudik yang menggunakan mobil pribadi saja, tapi juga pemudik sepeda motor dan pejalan kaki.

Berdasarkan data mudik lebaran dari Pelabuhan Merak, Banten jumlah pemudik yang menyeberang menuju Pulau Sumatera sebanyak 45.397 kendaraan, pemudik yang menggunakan sepeda motor 12.934. Sedangkan jumlah pemudik pejalan kaki dan dalam kendaraan mencapai 270.654 orang yang turun di Pelabuhan Bakauheni.

Ketua Tim Posko angkutan lebaran Pelabuhan Bakauheni, Sugeng Purwono mengatakan, jumlah peningkatan pemudik kendaraan diprediksikan akan terus terjadi sampai H-1 lebaran. Diperkirakan, memang mulai Minggu 10 Juni 2018 malam ini hingga H-3 nanti volume kendaraan akan semakin terus meningkat.

Situasi arius mudik di Pelabuhan Merak pada Minggu malam, 10 Juni 2018.
Situasi arius mudik di Pelabuhan Merak pada Minggu malam, 10 Juni 2018.

“Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada malam ini (10/6/2018) hingga H-3 Lebaran. Jadwal kapal dikendalikan oleh ASDP Merak.Kami hanya menerima kedatangan pemudik yang akan memasuki Pulau Sumatera,”ujarnya, Minggu 10 Juni 2018 malam.

Sementara General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Anton Murdianto mengatakan, puncak arus mudik lebaran tahun 2018 ini, akan terjadi pada H-3 lebaran. Hal ini dikarenakan sebagian pekerja buruh, baru akan mulai libur kerja pada awal pekan ini. Sehingga diprediksikan, mereka baru akan mudik menuju kampung halamannya masing-masing pada Selasa 12 Juni 2018 nanti.

“Untuk akhir pekan ini, memang sudah ramai dipadati pemudik sebab PNS dan pegawai swasta kantoran sudah mulai libur kerja. Tapi untuk puncak arus mudiknya, kami perkirakan pada H-3 lebaran,”ungkapnya.

Selanjutnya, kata Anton, pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor, naik signifikan pada tahun 2018 ini. Namun diprediksikan, kenaikan juga terjadi untuk kendaraan roda empat meski tidak signifikan. Kenaikan jumlah pemudik ini, tentunya tidak terlepas dari kebijakan pemerintah mengenai cuti bersama lebaran dan masa libur anak-anak sekolah.

“Libur atau cuti bersama tahun 2018 ini cukup panjang, sehingga banyak yang memanfaatkan untuk pulang kampung. Apalagi mudik lebaran ini juga, bersamaan dengan libur sekolah sehingga kenaikian jumlah pemudik naik signifikan,”terangnya.

Loading...