Beranda News Lampung H-7 Lebaran, Pemudik dengan Bus Umum Mulai Ramai di Pelabuhan Bakauheni

H-7 Lebaran, Pemudik dengan Bus Umum Mulai Ramai di Pelabuhan Bakauheni

166
BERBAGI
Penumpang kapal di Pelabuhan Bakauheni. (Foto: lampungchannel.com)

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG–Memasuki H-7 jelang lebaran 1438 H tahun 2017, arus mudik yang menggunakan moda transportasu bus umum atau pemudik pejalan kaki yang berasal dari Pulau Jawa mulai memadati Pelabuhan Bakauheni, Minggu (18/6/2017) siang. Meski begitu, otoritas Pelabuhan Bakauheni mengaku arus pemudik sejauh ini belum terlihat adanya peningkatan.

General Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Bakauheni, Edy Hermawan, mengatakan, memasuki H-7 jelang lebaran, arus mudik berasal dari Pulau Jawa menuju Sumatera melalui jalur penyeberangan Pelabuhan Bakauheni sudah mulai terlihat meski belum ada peningkatan status yang signifikan.

“Meski sudah terlihat pemudik pejalan kaki yang datang dari Pulau Jawa menuju ke Sumatera pada H-7 jelang lebaran, belum menunjukkan adanya peningkatan. Kalau dari Sumatera menuju ke Jawa, meski sudah ramai tapi masih terpantau normal,”ujarnya, Minggu (18/6/2017).

Menurutnya, pemudik pejalan kaki asal Pulau jawa yang tiba di Pelabuhan Bakauheni, diperkirakan mengalami penambahan pada sore nanti hingga malam.

Edy mengutarakan, puncak arus mudik lebaran tahun 2017 ini, diperkirakan akan mulai terjadi pada H-4 hingga H-2 menjelang lebaran nanti. Hal tersebut dikarenakan, libur bersama baik itu para pegawai kantoran dan pekerja pabrik baru akan dimulai pada Kamis (22/6/2017) mendatang.

Menurutnya, berdasarkan data dari Posko Mudik Lebaran (PML) yang ada di Pelabuhan Merak Banten hingga H-9 hingga pukul 08.00 WIB kemarin, jumlah penumpang pejalan kaki asal Pulau Jawa yang menyeberang menuju ke Sumatera tercatat sebanyak 9.179 orang.

“Jumlah penumpang tersebut, masih dibawah dari jumlah tahun 2016 lalu. Karena pada periode yang sama pada tahun lalu, jumlah penumpang pejalan kaki hingga mencapai 11.266 orang menuju ke Sumatera,”terangnya.

Peningkatan tertinggi, kata Edy, mulai terlihat dari penumpang yang menaiki dalam kendaraan. Sedangkan H-10 dan H-9 kemarin, jumlah penumpang dalam kendaraan yang berangkat dari Pelabuhan Merak Banten sebanyak 82.960 orang. Sedangkan pada waktu yang sama tahun 2016 lalu, mencapai 51.478 orang.

“Kalau untuk kendaraan roda empat, khususnya mobil pribadi pada H-10 dan H-9 yang tiba dari Pelabuhan Merak, Banten sebanyak 4.536 unit. Sementara kendaraan roda dua, 1.114 unit kendaraan dan bus penumpang 599 unit,”ungkapnya.

Loading...