Beranda News Nasional H-8 Idul Fitri 1438 H, Pemudik dari Sumatera ke Pulau Jawa 72,3...

H-8 Idul Fitri 1438 H, Pemudik dari Sumatera ke Pulau Jawa 72,3 Ribu Orang

198
BERBAGI
Loket penjualan tiket di Pelabuhan Bakauheni

Zainal Asikin|Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN — Hingga H-8 jelang lebaran 2017, jumlah penumpang arus mudik lebaran yang menyeberang ke Pulau Jawa mencapai 72.367 orang. Hal tersebut, berdasarkan dari data angkutan lebaran yang telah dirilis oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Bakauheni, Minggu (18/6/2017).

Pada H-10 menjelang lebaran, jumlah penumpang yang menyeberang ke Pulau Jawa sekitar 21.369 orang, pada H-9 jumlah penumpang meningkat sebanyak 23.604 orang dan pada H-8 jelang lebaran, jumlah penumpang kembali alami peningkatan menjadi 27.831 orang.

Selain adanya peningkatan pemudik jalan kaki yang menuju ke Pulau Jawa, peningkatan juga terjadi terhadap angkutan kendaraan roda dua (sepeda motor), kendaraan roda empat pribadi serta angkutan moda transportasi bus penumpang.

Pada H-10 hingga H-8 menjelang lebaran, jumlah kendaraan sepeda motor yang menyeberang ke Pulau Jawa sebanyak 1.191 unit kendaraan. Kemudian kendaraan mobil pribadi, 5.526 unit dan bus penumpang, 963 unit kendaraan.

“Tren jumlah penumpang arus mudik lebaran, akan terus mengalami peningkatan. Khususnya, pemudik asal Pulau Jawa menuju ke Sumatera,”ujar General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Edy Hermawan, Minggu (18/6/2017).

Pantauan teraslampung.com, arus mudik menjelang lebaran di Pelabuhan Bakauheni, tidak hanya pemudik asal Pulau Jawa saja yang sudah mulai terlihat ramai di Pelabuhan Bakauheni.
Bahkan arus mudik asal Sumatera yang akan pulang menuju ke Pulau Jawa pada H-7 menjelang lebaran sudah mulai terpantau ramai, Minggu (17/6/2017).

Bahkan tampak terlihat peningkatan pemudik yang menggunakan moda transportasi sepeda motor dan juga kendaraan mobil pribadi. Mayoritas pemudik yang menggunakan sepeda motor, adalah pemudik yang akan kembali ke kampung halamannya di wilayah Provinsi Banten. Namun ada sebagaian juga, ke Provinsi Jawa Barat.

Loading...