Beranda Ruwa Jurai Tulangbawang Hadiri Acara Adat, Kapolda Lampung “Anjau Silau” di Kabupaten Tulangbawang

Hadiri Acara Adat, Kapolda Lampung “Anjau Silau” di Kabupaten Tulangbawang

217
BERBAGI
Brigjen Ike Edwin (tengah) disambut dengan cara adat Lampung di Tulangbawang, Selasa (9/82016).

TERASLAMPUNG.COM, Tulangbawang– Kapolda Lampung, Brigjen Pol. Ike Edwin melakukan anjau silau (silaturahmi) dengan masyarakat Kabupaten Tulangbawang, Selasa (9/8/2016).

Kehadiran Ike di Tulangbawang di antaranya untuk menghadiri undangan salah satu tokoh masyarakat di Kabupaten Tulangbawang, Herman TB, yang menggelar acara adat cakak/nako pepadun (pemberian gelar adat), sekaligus resepsi pernikahan putranya dan Walimatul Aqiqah cucunya di kediamannya di Jl. Lintas Timur, Kampung Lebuh Dalem, Kec. Menggala Timur, Kabupaten Tulangbawang.

Kedatangan KapoldaLampung, disambut dengan upacara adat dan arak-arakan warga, sebagai tamu kehormatan. Hadir pula pada kesempatan itu, Bupati Tulang Bawang Ir. Hanan A Rozak,MS gelar Settan Pembina Adat, Kapolres Tulang Bawang AKBP Agus Wibowo gelar Menak Bhayangkara Marga, serta para tokoh adat Megow Pak Tulang Bawang dan tokoh masyarakat.

Dalam silsilah kerajaan tertua di Lampung, Sekala Brak, ‘Dang Gusti Ike Edwin’ panggilan akrab masyarakat adat Lampung kepada Brigjen Pol. Ike Edwin, merupakan tokohpenting, yaitu perdana menteri yang mengayomi tugas keadatan di kepaksian Pernong, Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak, yang dipimpin oleh kakaknya Brigjen Pol Edwardsyah Pernong Gelar Sulltan Sekala Brak XXIII.

Karenanya dengan kehadiran tamu adat kehormatan, Brigjen Pol. Ike Edwin gelar Gusti Batin Mangku Negara anjau silau ke Tulang Bawang, Bupati Hanan A Rozak juga berharap hal ini dapat lebih mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan antara masyarakat kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur dengan keluarga besar adat kepaksian Pernong, Kerajaan Paksi Pak Sekala Brak.