Beranda Ekbis Bisnis Harga Batu Bacan Melonjak Gara-Gara SBY?

Harga Batu Bacan Melonjak Gara-Gara SBY?

1880
BERBAGI
Batu bacan belum doioleh. (dok ringojems.blogspot.com)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Kalau Anda penggemar batu akik, jangan coba-coba mau membeli batu bacan jika isi kantong Anda hanya ratusan ribu rupiah. Sebab, batu bacan seujung jari kelingking orang dewasa harganya bisa jutaan rupiah  Kini, batu bacan diyakini sebagai jenis batu yang paling mahal harganya sekaligus paling dicari oleh pemburu batu mulia.

Batu bacan memang sudah lama mendunia. Meski bernama bacan, batu bacan sejatinya bukan berasal dari Pulau Bacan, Maluku Utara. Tepatnya: Bacan adalah daerah pemasaran teramai batu bacan di Indonesia. Letaknya memang di Provinsi Maluku Utara. Batu bacan sendiri berasal dari Pulau Kasiruta, Maluku Utara. Pulau Kasiruta letaknya tak jauh dari Pulau Bacan.

Ketika mulai populer di luar negeri pada tahun  1994 dan di dalam negeri pada 2005, harga batu bacan sebenarnya sama dengan batu-batu berkelas dari daerah lain di Indonesia. Misalnya jika dibandingkan dengan batu giok Aceh, batu bungur Tanjungbintag, Lampung; dan batu sungai dareh, Sumatera Barat. Namun. seiring perkembangan zaman dan untaian kisah yang mengirinya, batu bacan kian populer dan diikuti dengan meroketnya harga.

Di luar urusan harga, batu bacan berbalut mitos. Misalnya, batu bacan diyakini bisa merukunkan hubungan suami-istri. Pemakainya akan merasa adem, teduh, dan berwibawa. Karena mitos itu, Presiden Soekarno pun sangat senang dan bangga ketika berkunjung ke Maluku pada tahun 1960-an dihadiahi cincin batu bacan.

Cincin batu bacan. (masaulia.net)

Bagi warga lokal, batu bacan juga dianggap sebagai ‘batu aji’. Karenanya, batu bacan digunakan oleh warga dari empat kesultana di Maluku Utara, yakni Kesultanan Ternate, Tidore, Jailolo, dan Bacan.

Selain mitos-mitos yang mengirinya, diyakini melonjaknya batu bacan juga karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beberapa tahun lalu memberi hadiah Presiden Amerika Serikat Barack Obama sebuah cincin batu bacan.

Melampaui dampak cincin batu bacan yang pernah melingkar di jari Bung Karno, cincin batu bacan yang melingkar di jari Obama ternyata turut melambungkan harga batu bacan di pasaaran Indonesia maupun pasaran luar negeri.

Bahan batu bacan (Teraslampung.com)

Karena harganya sangat mahal, perburua batu bacan pun makin ‘menggila’. Namun, ‘stok’ menipis. Itu karena penambangan batu bacan menjadi ‘gila-gilaan’ sehingga menyebabkan kelangkaan bahan.

Kini, sebuah batu bacan seukuruan ibu jari orang dewasa harganya bisa mencapai puluhan hinga ratusan juta rupiah. Bahkan, jenis batu bacan yang dihadiahkan oleh SBY kepada Obama harganya konon mencapai miliaran rupiah.

Rama Pandu

Baca Juga: Inilah Peta Batu Bacan Menurut Para Peneliti (2)
Baca Juga: Inilah Peta Batu Bacan Menurut Para Peneliti (1)

Loading...