Harga Singkong Naik, Pengusaha Tapioka dan Petani Lamteng Apresiasi Bupati Mustafa

  • Bagikan
Bupati Mustafa memediasi petani dengan pengusaha tapioke di Lampung Tengah untuk menaikkan harga singkong.

TERASLAMPUNG.COM — Cara Bupati Lampung Tengah Mustafa mengupayakan kenaikan harga singkonh diapresiasi bos perusahaan tapioka dan para petani. Menurut mereka, langkah taktis Mustafa termasuk elegan dan mengandung unsur win-win solution.

“Kami menyambut baik ajakan membuat kesepakatan menaikkan harga singkong yang diminta Bupati Mustafa. Kepedulian bupati membuat perusahaan tergerak untuk ikut peduli pada nasib petani. Manajemen akhirnya sepakat untuk menaikan harga. Saya apresiasi sekali atas kepedulian bupati, dan kami siap bersama dengan Pemkab untuk memperhatikan kesejahteraan petani khususnya petani singkong. Lampung Tengah kabupaten pertama yang menaikan harga singkong,” kata Eddy Liem, mewakili PT Sungai Budi Group, di sela-sela acara penandatanganan kesepakatan kenaikan harga singkong,  Minggu (30/10/2016).

Meski harga singkong dinaikkan dan impor dari Vietnam masih berjalan, kata Eddy Liem, pihaknya meminta agar petani memperhatikan kualitas singkong.

“Idealnya, singkong yang dijual berumur 9-12 bulan, tidak ada bonggol dan tanah. Singkong berkualitas menghasilkan kadar pati 50 persen. Semakin rendah kadar pati, maka semakin tinggi rafraksi. Saat ini, disebabkan musim hujan kadar pati singkong yang dijual berkurang dibawah 20 persen. Itu mengapa rafraksinya besar. Namun kami siap mengkaji ulang, untuk petani,” katanya.

Sumardi, salah satu petani singkong di Lamteng, berharap agar kenaikan harga menjadi Rp 700 per kg menghasilkan NET harga di petani Rp 500 per kg. Dengan harga ini  petani bisa menutupi biaya produksi yang telah dikeluarkan.

“Saya harap harga Rp 700 per kg adalah harga minimal, jangan sampai turun lagi. Dan kami berterima kasih sekali karena Pak Mustafa telah memfasilitasi kami, mulai dari menemui menteri dan sekarang meminta langsung agar perusahaan menaikan harga. Kepedulian beliau sangat kami apresiasi,” katanya.

  • Bagikan