Beranda Teras Berita Harga Udang Merosot,Petambak Menjerit

Harga Udang Merosot,Petambak Menjerit

193
BERBAGI

Salah seorang petani di kolam tambak udangnya

BANDARLAMPUNG, Teraslampung,com–Ribuan keluarga petambak di Pesisir Utara, Lampung mengeluhkan kondisi usaha budidaya yang mereka jalani. Mulai dari serangan penyakit udang White Feses (WF) yang mewabah, kenaikan harga pakan  Rp250 /kg hingga merosotnya harga udang yang kini hanya Rp 53.000/kg.

Arie Suharso, salah seorang petambak menuturkan bahwa penurunan harga udang kali ini cukup drastis. dalam seminggu udang turun hingga Rp10.000/kg. Sementara informasi harga udang di luar negeri masih cenderung stabil.

“Kami sudah tidak harapkan apapun dari pemerintah dalam merevitalisasi aset eks dipasena, sekarang semua kami kerjakan secara mandiri. Masa iya urusi harga udang saja pemerintah tidak bisa, jangan cuma sebut target” ujar Arie.

Arie pun menambahkan bahwa kondisi seperti ini biasanya dimaklumi oleh petambak, namun melihat informasi harga udang diluar yang cenderung stabil , ada ketidak beresan alur produksi di dalam negeri.

Sementara itu para pengepul lokal mengatakan bahwa saat ini pabrik-pabrik tengah di penuhi oleh udang-udang kiriman dari perusahaan besar dari Sumatra Selatan dan Lampung yang seharusnya langsung mengekspor hasil panen para plasmanya.

Kondisi fakta produksi , operasional dan tantangan penyakit WFD yang kini tengah di hadapi para petambak udang , sungguh berbalik arah dengan target produksi yang digemborkan oleh kementerian kelautan perikanan , yang menyampaikan bahwa tahun ini produksi udang akan naik 32% mencapai 785.000 ton.

Loading...