Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional, Ditlantas Polda Lampung Terbangkan 500 Ekor Burung

  • Bagikan
Pelepasliaran 500 ekor burung di Puncak Mas, Bandarlampung, Jumat sore (5/11/2021).
Pelepasliaran 500 ekor burung di Puncak Mas, Bandarlampung, Jumat sore (5/11/2021).

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG– Untuk memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) 2021, petugas Direktorat Lalulintas Polda Lampung melepasliarkan 500 ekor burung berbagai jenis menuju ke habitatnya. Ratusan ekor burung tersebut, dilepaskan di tempat objek wisata Puncak Mas, Kota Bandarlampung, Jumat (5/11/2021) sore.

Beberapa jenis burung yang dilepasliarkan itu diantaranya adalah burung pipit merah hitam, trucukan, kutilang, puter, merpati putih dan burung manyar.

Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN), diperingati setiap tanggal 5 November sesuai dengan Keppres No. 4 Tahun 1993. Tujuannya, untuk memperingati lingkungan hidup agar masyarakat dapat meningkatkan kepedulian, perlindungan dan pelestarian terhadap puspa dan satwa.

Selain itu, peringatan HCPSN bertujuan untuk menumbuhkan dan mengingatkan pentingnya puspa dan satwa dalam kehidupan masyarakat.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Lampung, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma menjelaskan, tujuan pelepasan ratusan burung berbagai jenis ke habitatnya itu, yakni dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCSN) 2021 .

“Kegiatan HCPSN Ini,merupakan salah satu bentuk kepedulian dan cinta kami terhadap puspa dan satwa agar tetap lestari dan tidak punah,”kata Romdhon, Jumat (5/11).

Melalui Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) dengan membebaskan burung-burung dari dalam kandangnya ke alam bebas, kata Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma, bisa mendorong masyarakat untuk mencintai hewan seperti burung dan tumbuhan agar tetap dijaga dan dilestarikan ke habitatnya.

“Menjaga dan melestarikan puspa dan satwa di habitatnya agar tidak punah, merupakan tanggungjawab kita bersama,”ungkapnya.

Ia pun berharap, kepada masyarakat secara umum agar turut mendukung Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN), yakni dengan cara melestarikan hewan dan tumbuhan. Pada titik inilah, masyarakat bisa lebih peduli terhadap pelestarian pusa dan satwa nasional.

“Saya mengajak para komunitas untuk melestarikan puspa dan satwa. Biarkan burung-burung itu bebas dan berkembang biak dihabitatnya, agar generasi kita mendatang bisa menikmatinya,”tandasnya.

 

  • Bagikan