Hari Ini Jamaah An-Nadzir Sudah Mulai Berpuasa Ramadan 1442 H

  • Bagikan
Pimpinan Jamaah An- Nazir, M Samiruddin Pademmui. Foto: kabarmakassar.com

TERASLAMPUNG.COM, GOWA — Meskipun pemerintah belum menetapkan awal dimulainya ibadah puasa bulan Ramadan, para anggota Jamaah An-Nadzir di Sulawesi Selatan  sudah mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan pada hari ini (Minggu, 11 April 2021).

Keputusan 11 April 2021 sebagai hari pertama ibadah puasa Ramadan 1442 H tersebut dilakukan melalui musyawarah penetapan 1 Ramadan 20442 di Masjid Al Muqddis, Kampung Butta Ejayya, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (10/4/2021) petang.

Pimpinan Jamaah An-Nadzir, M Samiruddin Pademmui, mengatakan keputusan menetapkan tanggal 11 April 2021 sebagai awal ibadah puasa dilakukan berdasarkan hasil pemantauan bulan yang dilakukan tim pemantau.

“Alhamdulillah kami telah mengambil kesimpulan dan mengambil satu ketetapan insya allah besok tanggal 11 April ahad An-Nadzir mulai puasa dengan niat menyambut datangnya Ramadhan 1442 hijriah,” kata Samirudin, dilansir  kabarmakassar.com, Sabtu, 10 April 2021.

Jamaah yang memiliki ciri khas berambut gondrong berwarna pirang serta berjubah serba hitam itu mengungkapkan, metode atau pengambilan keputusan yang dilakukan tetap memgacu pada Al-Quran dan hadis.

“Untuk perhitungan bulan ini, ada beberapa para meter yang kita pakai yang jelas tetap mengacu pada dalil-dalil, Al-Qur’an dan hadis, dalil aqli,” jelasnya.

Selain itu, dalam pemantauan bulan pihaknya senantiasa mengamati dan menentukan tiga purnama.

“Yang paling penting adalah kita menentukan tiga purnama yakni 14,15,16 dan disitulah kemudian kita melakukan star mulai menghitung sampai kemudian tiga terakhir yakni 27,28,29 kemudian dipadukan dengan fenomena alam dan tanda terakhir itu biasanya asam puncak atau kondak air laut sebagai ganda terakhir pergantian bulan,” jelasnya.

Meski demikian ia juga menjelaskan jika tim 9 yang melakukan pemantauan Bulan mengalami sedikit kesulitan akibat cuaca buruk.

“Jadi memang kemarin itu, cuaca sedikit tidak mendukung jadi memang tidak terlalu nampak habis itulah kemudian kita paduan dengan aplikasi. Karena memang itu salah satu alat bantu,” katanya.

  • Bagikan