Beranda News Nusantara Hari ini, Pawai Bersama Pemilu Damai di Berbagai Daerah

Hari ini, Pawai Bersama Pemilu Damai di Berbagai Daerah

205
BERBAGI

Aceh, Teraslampung.Com—Kampanye terbuka Pemilihan Legisltatif (Pileg) yang digelar serentak se-Indonesia dimulai Minggu (16/3) dan berakhir 5 April mendatang, diawali dengan kirab pemilu damai. Untuk diketahui, pesta demokrasi untuk memilih calon legislatif dilaksnaakan pada 9 April 2014.

Dari Aceh, kirab pemilu damai dimulai dari Lapangan Blang Padang, Sabtu (15/3) pagi. Kirab pemilu dama ini diikuti seluruh partai politik serta calon anggota legislatif (caleg). Sebelum kirab, diawali pembacaan deklarasi kampanye damai dan integritas, dilanjutkan penglepasan balon dan merpati.

Seluruh partai politik menghiasi kenderaan dengan atribut partai berkeliling Kota Banda Aceh, untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kampanye pesta demokrasi akan segera dimulai.

Pawai keliling kota ini merupakan awal dari kampanye terbuka. Rute yang ditempuh yaitu Jalan Soekarno Hatta, Simpang Surabaya, Jalan T. Nyak Arif Simpang Lima, dan kembalik ke Lapangan Blang Padang.

Guna menarik perhatian, ada juga partai yang membawa artis-artis lokal. Pawai berlangsung damai tanpa insiden.

Di Jombang, Jawa Timur, pawai bersama digelar serentak di daerah pemilihan (dapil) masing-masing, Sabtu (15/3) ini.

Pawai bersama seluruh perwakilan partai politik dimulai dengan aksi melepas burung merpati sebagai simbol kesiapan berkampanye secara damai. Penglepasan burung merapati dari seluruh partai politik ini dimulai oleh Bupati Jombang Nyono Suharli dan diikuti seluruh peserta pawai.

Start pawai dari alun-alun Kota Jombang menuju daerah pemilihan masing-masing. untuk menghindari terjadinya kericuhan, peserta pawai tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan roda dua maupun mobil bak terbuka.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Jombang berjanji akan menindak tegas para pejabatnya jika ada yang terbukti mengondisikan untuk memenangkan caleg dari partai tertentu.

Sedangkan di Bandung, kirab parpol dimulai dari halaman Sekretariat KPU Kabupaten Bandung, Sabtu (15/3) siang. Kirab ini diikuti 9 partai, minus PDIP, PAN, dan PPP yang tidak menyertakan kadernya.

Ketua KPU Kabupaten Bandung  Atip Tartiana mengatakana, ketiga partai politik yang tidak hadir kemungkinan terlambat datang.

(Editor: Isbedy Stiawan ZS)

Baca juga: Pagi ini KPU Lampung Barat Gelar Kirab

Loading...