Beranda News Internasional Hari Ini Yunani Gelar Referendum untuk Tentukan Sikap Perlu-Tidaknya Dana Talangan

Hari Ini Yunani Gelar Referendum untuk Tentukan Sikap Perlu-Tidaknya Dana Talangan

175
BERBAGI
Demo menyambut referendum soal dana talangan yang akan dilakukan pada Minggu (5/7).Foto: AFP/bbc

TERASLAMPUNG.COM– Hari ini (5/7/2015) Yunani menggelar referendum untuk menetukan pilihan apakah rakyat di negara yang sedang dilanda krisis keuangan menerima dana talangan atau tidak. Untuk menyambut referendum, kemarin (4/7)  puluhan ribu orang di Yunani melakukan demonstrasi di ibukota Athena .

Perdana Menteri Alexis Tsipras mendapatkan sambutan luas dari peserta demonstrasi ketika dia menyatakan kepada para pendukungnya untuk memilih “Tidak” terhadap dana talangan atau bailout dari lembaga internasional.

Tetapi dalam demonstrasi besar lainnya, para pendukung dana talangan memperingatkan pilihan “Tidak” dapat diartikan Yunani akan dikeluarkan dari zona Eropa.

Program dana talangan Yunani akan berakhir pada Selasa. Seluruh bank telah tutup, dan hanya memiliki sangat sedikit jumlah uang tunai yang dapat ditarik nasabah.

Wartawan BBC di Athena Chris Morris mengatakan pilihan referendum ini adalah untuk tetap berada di zona eropa atau tidak. Dia mengatakan retorika yang disampaikan dua kelompok yang mendukung ataupun menolak dana talangan semakin sengit, meskipun tak seorang pun yakin apakah bank di Yunani dapat kembali buka pada pekan depan seperti dijanjikan oleh pemerintah.

Referendum Minggu (05/07) akan memberi pilihan kepada rakyat Yunani untuk menyetujui atau menolak proposal pihak kreditur, yaitu Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa, dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Usulan referendum disampaikan oleh Perdana Menteri Yunani setelah menolak proposal pengucuran dana talangan yang dinilai memberikan persyaratan yang terlalu ketat.

Sebelumnya, proposal itu diajukan kepada Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras untuk mengucurkan dana talangan sebesar 7,2 miliar euro atau setara dengan Rp108 triliun. Dana itu krusial bagi Yunani untuk membayar utang kepada IMF sebesar 1,6 miliar euro atau setara dengan Rp22 triliun.

bbc.co.uk

Loading...