Beranda Ruwa Jurai Pringsewu Hari Pahlawan, 21 Veteran di Pringsewu Terima Tali Asih

Hari Pahlawan, 21 Veteran di Pringsewu Terima Tali Asih

66
BERBAGI
Wakil Bupati Pringsewu, Fauzi, menyerahkan tali asih kepada veteran.

TERASLAMPUNG.COM — Pemerintah Kabupaten Pringsewu memberikan tali asih kepada 21 anggota Legiun Veteran RI Kabupaten Pringsewu.

Penyerahan secara simbolis dilakukan Wakil Bupati Pringsewu H Fausi usai upacara Hari Pahlawan ke-73, Sabtu, 10 November 2018 di lapangan Pemkab Pringsewu.

“Jangan dilihat bentuk dari tali asih itu, tetapi ini salah satu bentuk kepedulian Pemkab Pringsewu kepada masyarakat, diantaranta kepada para anggota Legiun Veteran Pringsewu,”ujar Fauzi.

Wabup Fauzi, membaca amanat tertulis Menteri Sosial RI Agus Gumiwang, mengatakan Hari Pahlawan yang diperingati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Hal itu sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras atau suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partilkularisme golongan.

“Mereka secara bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, para pendiri bangsa, juga mengabarkan pesan penting, bahwa setelah kemerdekaan telah diraih. “Maka tahapan selanjutnya harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan berenegara selanjutnya yakni berdaulat, adil dan makmur,” ujar Fauzi.

Hadir pada peringatan Hari Pahlawan Pemkab Pringsewu 2018, Dandim 0424 Tanggamu Letkol Arh. Anang Hasto Utomo, Kajari Pringsewu Asep Sontani, Perwakilan Polres Tanggamus Kompol Eko Nugroho, Muspida, sejumlah anggota DPRD serta para kepala OPD. Juga, para ASN, ormas kepemudaan dan puluhan anggota komunitas sepeda onthel.

TL/ILS

Loading...