Beranda Teras Berita Hari Puisi: Sebanyak 120 Buku Puisi dan 150 Peserta Baca Puisi Siap...

Hari Puisi: Sebanyak 120 Buku Puisi dan 150 Peserta Baca Puisi Siap Bersaing

68
BERBAGI

R. Usman, Isbedy Stiawan ZS/Teraslampung.com

 

Asrizal Nur

Jakarta—Sebanyak 120 buku puisi diterima panitia sampai batas waktu pendaftaran. Ke-120 judul buku tersebut telah ditangan dewan juri yang tediri dari Sutardji Calzoum Bachri, Abdul Hadi W.M., dan Maman S. Mahayana.

Sementara lomba baca puisi hingga penutupan sebanyak 120 orang terdaftar. Para peserta lomba baca puisi ini akan dimulai pada 12-15 Juli 2014 di Halaman Parkir Taman Ismail Marzuki (TIM) Jalan Cikini Raya, Jakarta.

Demikian dikatakan ketua panitia sekaligus Ketua Yayasan Panggung Melayu (YPM) Asrizal Nur, Jumat (4/7) malam.

Menurut Asrizal, lomba yang dilaksanakan tiap tahun untuk merayakan Hari Puisi Indonesia pada bulan Juli ini terselenggara atas kerja sama dengan Harian Indo Pos dan Yayasan Sagang Riau.

“Untuk lomba baca puisi akan didahului technical meeting, 11 Juli 2014. Jadi, seluruh peserta diharuskan hadir pada technical meeting,” ujar pembaca puisi multimedia ini.

Asrizal menjelaskan, untuk lomba baca puisi sampai hari terkahir tercatat 30 peserta berasal dari Jakarta. “Sedangkan 120 orang lainnya dari luar Jakarta, di antaranya dari Bandung, Yogyakarta, Lampung, Kalimantan, Riau, dan lain-lain,” imbuh dia.

Untuk babak penyisihan, masih kata Asrizal, para peserta lomba akan dinilai oleh dewan juri yakni rencananya Yose Rizal Manua, Ahmadun Y. Herfanda, dan Fikar W Eda. Sementara babak final, jurinya adalah Aspar Paturusi, D. Zawawi Imron, dan Sutardji Calzoum Bachri.

Anugerah Haru Puisi Indonesia melalui sayembara buku puisi dan lomba baca puisi ini digelar tiap tahun. Meski tahun ini merupakan tahun politik, diakui Asrizal Nur, tidak ada masalah bagi animo peserta. “Masalahnya, panitia mengalami kesulitan mendacari dana,” ucapnya.

Menyinggung sayembara buku puisi, Asrizal mengatakan, dewan juri bekerja keras untuk menetapkan 1 buku puisi terbaik pertama mendapatkan uang tunai Rp50 juta, dan lima judul puisi terbaik memeroleh uang masing-masing Rp10 juta.

Pengumuman pemenang sayembara buku puisi akan dilaksanakan pada 17 Juli 2014 bertepatan dengan Hari Puisi Indonesia.  Namun, lanjut Asrizal, sebelumnya yakni 15 Juli 2014 akan digelar Tadarus Puisi dan Sahur Bersama di panggung terbuka halaman parkir TIM.

“Tadarus Puisi akan diikuti penyair Indonessia dari berbagai kota atau provinsi ini akan berlangsung mulai pukul 22.00 hingga 03.00 dinihari,” katanya.

Loading...