Beranda News Lampung Hari Raya Idul Fitri: 3.071 Napi Dapat Remisi , 18 Napi Bebas

Hari Raya Idul Fitri: 3.071 Napi Dapat Remisi , 18 Napi Bebas

126
BERBAGI
Lapas Way Hui Lampung Selatan (ilustrasi)

Zainal Asikin |Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Sebanyak 3.071 narapidana (napi) penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Provinsi Lampung mendapatkan remisi Hari Raya Idul Fitri 1437 H tahun 2016. 18 di antaranya, langsung mendapatkan remisi bebas.

Kasubag Umum dan Humas Kanwil Kemenkumham Lampung, Erwin Setiawan mengatakan, remisi Hari Raya Idul Fitri ini diberikan hanya untuk para narapidana yang beragama islam agar mereka dapat merasakan hari kemenangan.

“Di tahun 2016 ini, dari 3071 napi yang mendapatkan remisi ada sekitar 18 napi yang mendapatkan remisi langsung bebas,”kata Erwin, Senin (27/6/2016).

Menurutnya, syarat napi yang mendapatkan remisi, selain beragama Islam meski harus bekelakuan baik dan sudah menjalani enam bulan masa tahanan.

Erwin mengutarakan, apa bila napi yang mendapatkan masalah atau terlibat perkelahian didalam lembaga pemasyarakatan (Lapas), maka yang bersangkutan tidak berhak untuk mendapatkan remisi. Selain itu, jika dinilai berat maka haknya akan dicabut.

Pemberian remisi ini, kata Erwin, berdasarkan petunjuk pelaksanaan pemberlakukan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 99 tahun 2012, tentang syarat dan tata cara pelaksanaan HAM warga binaan pemasyarakatan.

“Remisi ini diberikan dimaksudkan untuk mengurangai narapidana yang ada didalam lapas, perlu diketahui bahwa jumlanya juga sudah melebihi kapasistas,”ujarnya.

Menurutnya, untuk Lapas di Provinsi Lampung ini, sudah melebihi kapasitas. Sebagai antisipasi agar terjadi tindak keributan, pihaknya memberlakukan program pemindahan warga binaan denga waktu yang ditentukan.

“Pemindahan dilakukan untuk antisipasi jika napi tersebut membuat sebuah kelompok, jika hal ini sampai terjadi maka akan dilakukan program tersebut,”terangnya.

Loading...