Beranda Politik Kiprah Hari Santri, Ketua Fraksi PKS Ingat Setoran Al Fatihah untuk Kyai

Hari Santri, Ketua Fraksi PKS Ingat Setoran Al Fatihah untuk Kyai

226
BERBAGI
Ade Utami Ibnu (kanan)

TERASLAMPUNG.COM — Peringatan Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober memiliki makna yang sangat penting khususnya bagi para santri.

“Yang paling teringat pertama kali masuk pensantren, ketika diantar oleh Bapak dan Ibu, kemudian dititipkan kepada Kyai, sesuatu yang membekas. Karena Bapak dan Ibu, betul-betul menitipkan kepada Kyai, KH. Ahmad Hashuri Thohir. Sekarang beliau telah Almarhum,” ungkap Sekretaris Umum PKS Lampung yang pernah mondok di Pesantren At Thohiriyah, Serang, Banten ini, Senin (22/10/2018).

Saat di wawancarai di Kantor PKS Lampung, Senin (22/10), Ia seperti memutar memori puluhan tahun silam ketika dirinya menceritakan awal mula menjadi santri di Pondok Pesantren At Thohiriyah.

Sambil berkaca-kaca, Ade mengungkapkan bahwa pertama kali nyantri, kedua orang tuanya menitipkan dia langsung kepada Pengasuh Ponpes tersebut, yakni Kyai Haji Ahmad Hashuri Thohir.

Iapun menuturkan, bahwa semasa masih mondok di Pesantren At Thohiriyah, banyak hal yang dilakukan oleh Almaghfurlah KH. Ahmad Hashuri Thohir, untuk mendidik santri-santrinya semasa masih hidup khususnya Ade yang juga menjadi salah satu santrinya.

Kebiasaan Abah Hashuri yang menurut Ade dirasakan bermanfaat diantaranya adalah cara membetulkan bacaan Al Fatihah.

Menurutnya, seringkali santri-santrinya diminta ke kamar Abah Kyai diminta untuk melafazkan Al Fatihah.

“Misalnya saya, saya di panggil. Ade, kesini ke kamar Abah, pinta beliau. Kemudian beliau minta di pijit. Sambil dipijit saya melafazkan Al Fatihah, untuk dibetulkan. Sambil mijit, baca Al Fatihah dibetulkan, baca Al Fatihah dibetulkan, begitu seterusnya,” ungkap Ade lagi.

Sementara itu, di akhir wawancara, Ade yang juga Ketua BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia) Provinsi Lampung menitipkan pesan kepada para santri sekaligus ucapan Selamat Hari Santri Nasional.

“Untuk para santri, ayo kita bangun Indonesia ini jadi lebih baik, lebih mandiri, dan bermanfaat untuk seluruh bangsa dan masyarakat Indonesia. Namun bukan hanya masyarakat Indonesia, namun masyarakat dunia” kata dia.

“Sudah saatnya Indonesia memimpin dunia menjadi Rahmatan Lil ‘Alamain. Selamat Hari Santri. Yang belum mondok, belum nyantri segeralah masuk ke pondok jadilah santri,” tutup Caleg PKS untuk DPRD Lampung dapil Bandar Lampung.

Loading...