Harimau Masuk Kampung, Warga Gunung Gijul Lampura Resah

  • Bagikan
Harimau Sumatera berendam di sungai (dok)

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Warga Dusun I, Desa Gunung Gijul, Abung Tengah, Lampung Utara dilanda keresahan akibat hewan ternak mereka dimangsa harimau sejak dua hari belakangan ini. Tercatat, telah ada 7 ekor kambing warga yang telah dimangsa harimau yang diduga turun gunung dari kawasan hutan lindung yang berada persis di sebelah desa.

“Benar, sudah ada 7 ekor kambing warga yang dimangsa harimau,” kata ‎Kepala Desa Gunung Gijul, Feri, melalui sambungan telepon, Kamis (1/12/2016)m

Ketujuh hewan ternak yang dimangsa sang raja hutan tersebut, ‎masing – masing milik Dedi Anwar (5 ekor) dan Fitri (2 ekor). Peristiwa ini terjadi pada Selasa lalu (29/11/2016). Saat itu, kelima ekor kambing milik Dedi ditemukan telah mati di kandangnya. Sedangkan, dua ekor kambing milik Fitri ditemukan mati di luar kandang. Kejadian ini telah dilaporkannya kepada Dinas Kehutanan dan Perkebunan supaya persoalan ini dapat segera teratasi.

“Warga sempat lihat harimau itu berkeliaran makanya mereka yakin kalau yang memangsa kambing – kambing mereka itu adalah harimau,” terangnya.

Menyikapi keluhan warga tersebut, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Basirun Ali mengaku telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Lampung. Bahkan, tim BKSD‎A bersama anggotanya telah turun ke lokasi lengkap dengan peralatannya.

‎‎”Ebam anggota tim BKSDA dibantu enam personel kami sudah di lokasi untuk menangkap harimau tersebut. Warga kami minta tidak khawatir tapi juga tetap harus waspada,” kata dia.

  • Bagikan