Beranda News Pilpres 2019 Hasil Survei Bravo 5: Prabowo – Sandiaga Masih Kuasai Banten

Hasil Survei Bravo 5: Prabowo – Sandiaga Masih Kuasai Banten

348
BERBAGI
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendeklarasikan sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2019 di Jakarta, Kamis (9/8/2018) malam. (ANTARA FOTO via Tempo)

TERASLAMPUNG.COM —Tim relawan Jokowi – Ma’ruf yang mayoritas berisi purnawirawan tentara, Bravo 5, mengungkapkan data temuan mereka. Hasilnya, sebanyak 58,7 persen suara di Provinsi Banten masih lari ke kompetitornya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Enggak jauhlah, Enggak unggul tapi belum menang,” kata Ketua Bravo 5, Jenderal (Purn) Fachrul Razi, usai acara pembekalan tim Bravo 5 di Putri Duyung Cottage, Ancol, Jakarta Utara, Senin, 10 Desember 2018.

Fachrul mengatakan pengaruh elektabilitas Ma’ruf Amin sebagai putra daerah Banten belum ia ketahui. Namun ia menyebut Bravo 5 akan melakukan evaluasi terkait hal ini. “Kita akan lakukan evaluasi,” kata dia.

Sejauh ini, kata Fachrul, organisasi relawan ini sangat rapi dan solid. Saat ini, mereka sudah memiliki tim di 34 provinsi, bahkan di 26 negara lain. Ada pula 11 divisi yang dikhususkan pada segmentasi-segmentasi tertentu, contohnya divisi perempuan, pemuda dan ulama.

Selain tiga hal itu, Fachrul mengatakan ada pula satuan tugas pusat. Satgas ini, menurut dia, dibentuk di tingkat pusat sesuai dengan kebutuhan.

Satgas ini juga dapat bertugas menyusup ke teritorial secara tertutup. “Kami bisa memasukkan, menyusupkan teritorial atau pun secara tertutup juga kami lakukan,” kata Fachrul.

Adapun menurut Survei Bravo 5, saat ini di pulau Jawa memang Jokowi – Ma’ruf masih unggul dengan perolehan angka 59,2 persen. Meski begitu, sesuai dengan arahan langsung dari Jokowi kemarin, Bravo 5 diharapkan tidak terbuai dengan hasil-hasil survei. Fachrul mengatakan Bravo 5 harus tetap waspada karena unggul dalam survei itu bukan satu ukuran.

“Kami tidak boleh lalai, survei itu membuat kami optimis, tapi kami tidak boleh lalai,” ujarnya.

Tempo.co

Loading...