Beranda Teras Berita Hasil Tes Urine 350 Personel Korem 043 Gatam Negatif

Hasil Tes Urine 350 Personel Korem 043 Gatam Negatif

228
BERBAGI
ebanyak 350 personel prajurit Korem Garuda Hitam menjalani tes urine Senin lalu (14/12/2015).

BANDARLAMPUNG – Upaya pencegahan dan penyalahgunaan narkoba dilakukan Korem 043 Gatam dan jajaran bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung dengan menggelar tes urine bgi 350 prajurit Korem, Senin (14/12) lalu. Hasil dari tes urine 350 prajurit Korem 043 Garuda Hitam dan Jajaran negatif, tidak ditemukan adanya penggunaan narkoba atau obat-obatan terlarang lainnya.

Kapenrem 043 Garuda Hitam, Mayor (Inf) CH Prabowo mengatakan, dari 350 personel yang di tes urinenya beberapa hari lalu hasilnya negatif. Mereka tidak terbukti menggunakan zat yang terkadung dalam narkoba, dengan ini membuktikan langkah keseriusan Korem 043 Gatam bersama jajarannya memerangi narkoba.

“Dari 350 personel itu, ada dua personel yang kondisinya masih sakit terkena diabetes dan penyakit dalam. Keduanya saat ini masih menjalani rawat jalan. Kedua anggota itu juga, membuktikan adanya surat keterangan dari dokter,”kata prabowo kepada teraslampung.com, Kamis (17/12).

Dikatakannya, bahwa Korem 0s3 Gatam yang menyatakan perang terhadap narkoba. Maka tes urine ini tidak hanya dilakukan sekali ini saja, tes urine akan terus berkelanjutan. Untuk mengenai pelaksanaan selanjutnya, akan tes urine dilakukan di masing-masing Kodim jajaran.

“Tes urine ini, akan terus dilakukan hingga prajurit Korem 043 Gatam dan jajaran benar-benar tidak ada yang terlibat penggunaan narkoba. Tapi untuk mengenai kapan waktunya, tidak bisa kami tentukan dan sampaikan,”ujarnya.

Prabowo mengutarakan, jika ada anggota Korem 043 Gatam dan jajaran ada yang menggunakan barang haram tersebut, lalu dia mau datang sendiri dan melaporkan langsung kepada atasan. Maka anggota tersebut, tidak akan diproses secara hukum dan tidak diberi sanksi tegas.

Tapi sebaliknya, lanjut Prabowo, jika ada anggota yang terlibat narkoba dan sembunyi-sembunyi tidak mau datang dan melaporkan secara sukarela. Sudah jelas diberi sanksi tegas, sanksinya berupa pemecatan. Sanksi tegas itu sesuai dengan apa yang diamanat Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan dilanjutkan oleh Danrem 043 Gatam, Kolonel (Inf) Joko Putranto yang menyatakan perang terhadap narkoba.

“Kalau anggota yang memakai narkoba mau datang sendiri dan melaporkannya, maka akan diberikan pembinaan. Tapi sebaliknya, jika ada anggota yang terbukti menggunakan dan tidak secara sukarela datang dan melaporkan sudah pasti sanksi tegasnya pemecatan,”terangnya.

Menurutnya, sebenarnya narkoba itu apa dan ada siapa sih. Nah itu yang harus dicermati dan diselesaikan. Agar generasi-generasi bangsa ini, tidak rusak dan terjerumus akibat pengaruh dari narkoba. Karena manyoritas banyak para pelaku kejahatan, sudah kecenderungan menggunakan narkoba.

“Untuk memerangi narkoba, harus dilakukan bersama-sama. Tidak hanya aparat kepolisian, TNI dan instansi pemerintah. Melainkan seluruh stekholder dan masyarakat juga harus terlibat,”pungkasnya.

Diketahui, sebanyak 350 personel yang menjalani tes urine di Graha Sudirman Markas Korem 043 Garuda Hitam, di antaranya adalah Kodim 0410 Kota Bandarlampung, Kodim 0411 Lampung Timur, Kodim 0412 Lampung Utara, Kodim 0421 Lampung Selatan, Kodim 0422 Lampung Barat, Kodim
0424 Tanggamus, Kodim 0426 Tulang Bawang dan Kodim 0427 Waykanan.