Beranda News Nasional Heboh Panglima TNI Ditolak Datang ke Amerika Serikat

Heboh Panglima TNI Ditolak Datang ke Amerika Serikat

396
BERBAGI
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

TERASLAMPUNG.COM — Hingga Minggu (22/10/2017) Mabes TNI belum mendapatkan penjelasan dari otoritas Amerika Serikat terkait dengan ditolaknya Panglima TNI Gatot Nurmantyo untuk datang ke Negeri Paman Sam itu, Sabtu (21/10/2017).

Terkait hal itu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia akan memanggil pejabat Duta Besar Amerika Serikat pada  Senin (23/10).

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, mengatakan Kedutaan Besar RI di Washington DC telah mengirim nota diplomatik kepada Kemlu AS untuk meminta klarifikasi.

“Mengingat Dubes Amerika Serikat sedang tidak di Jakarta, Wakil Dubes AS juga telah dipanggil untuk ke Kemlu besok (Senin, 23 Oktober) guna memberikan keterangan,” kata Arrmanatha, dilansir BBC.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo gagal bepergian ke Amerika Serikat sesaat sebelum menumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng lantaran adanya penolakan dari pemerintah AS.

Perjalanan Panglima TNI, beserta istri, untuk memenuhi undangan Panglima Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, Jenderal Joseph F Durford, Jr dalam acara Konferensi Panglima Pertahanan mengenai Organisasi Kejahatan Ekstremis yang digelar pada 23-24 Oktober 2017 di Washington DC.

Para delegasi sudah mengurus visa dan keperluan lainnya yang rencana akan berangkat pada Sabtu (21/10) dengan maskapai penerbangan Emirates pada pukul 17.50 waktu Indonesia. Namun sebelum berangkat, ada pemberitahuan dari maskapai penerbangan untuk rombongan tidak boleh memasuki wilayah AS oleh US Custom and Border Protection.