Beranda Ekbis Bisnis Heboh Uang Baru Rp75 Ribu, yang Ingin Punya Harus Pesan

Heboh Uang Baru Rp75 Ribu, yang Ingin Punya Harus Pesan

296
BERBAGI
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menerima uang pecahan baru edisi khusus senilai Rp75 ribu dari Kepala Bank Indonesia perwakilan Lampung.

TERASLAMPUNG.COM — Bank Indonesia meluncurkan uang pecahan baru edisi khusus HUT ke-75 kemerdekaan RI senilai Rp75 ribu di Balai Keratun Kompleks Kantor Gubernur Lampung, Senin siang (17/8/2020).

Uang baru ini dicetak dalam jumlah terbatas. Yang pertama memiliki uang kertas baru ini baru kalangan elite seperti Gubernur, Wakil Gubernur, Kapolda, Dandem, dan pejabat tinggi lainya.

Di Lampung baru tersedia 1.800. Masyarakat Lampung yang ingin memiliki uang baru ini harus memesan lebih dulu secara online  di aplikasi pintar lewat playstore ditautan URL .

Pemesanan dapat dimulai hari ini Senin (17/8/2020) pada Pukul 15.00 WIB.

“Khusus untuk di Lampung disediakan 1.800 lembar atau 150 orang per hari bagi warga yang memiliki e-ktp, satu orang hanya bisa memesan satu lembar saja. Kita akan antisipasi animo masyarakat apakah memadai atau tidak,”kata Kepala Perwakilan BI Wilayah Lampung Budiharto Setiawan, saat menghadiri virtual peluncuran uang peringatan 75 tahun RI di Balai Keratun, Bandarlampung, Senin (17/8/2020).

Budiharto menjelaskan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun yakni Rp 75 .000 ini keluar tiga hal yang mendasar yakni mensyukuri kemerdekaan 75 tahun, kebhinekaan Indonesia, dan optimisme kita dalam menatap masa depan.

Soal tingkat keamanan uang, kata Budi secara umum sama dengan uang kertas emisi sebelumnya tapi ada satu yang berbeda. Uang Rp 75.000 ini ada moving colour saveting yang bergerak gerak.

Setelah melaksanakan acara virtual peluncuran uang peringatan 75 tahun HUT RI, Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Lampung Budiharto Setiawan memberikan uang pecahan kertas Rp75.000 tersebut kepada Gubernur Lampung Arinal Djuniadi, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Ketua DPRD Provinsi Lampung Mingrum Gumay, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto.

Sementara itu, dalam acara virtual peluncuran uang peringatan 75 tahun kemerdekaan RI, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan uang nominal Rp75.000 dicetak sebanyak 75 juta lembar.

Peluncuran uang ini kata Sri Mulyani sebagai bentuk momentum kemerdekaan RI dalam menghadapi pandemi covid-19 dan juga dalam rangka meningkatkan dan menyongsong masa depan kita.

Perry Warjiyo selaku gubernur bank Indonesia mengatakan pada saat ini rupiah adalah lambang kedaulatan negara. Peluncuran uang ini adalah sebagai wujud syukur dari kemerdekaan yg ke-75, pemerintah dan bank Indonesia mengeluarkan uang Rp75 .000.

“Masyarakat dapat memesan uang baru ini melalui online aplikasi pintar dan sekalian dengan memperhatikan protokol covid-19,” katanya.

Peresmian peluncuran uang peringatan kemerdekaan RI yang ke-75 thn dengan uang pecahan Rp75 rb dilakukan oleh menkeu dan gubernur bank Indonesia ditandai dengan penekanan suara sirene di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Mas Alina Arifin

Loading...