Beranda Hukum Narkoba Heboh, Warga Lamsel Temukan Puluhan Kg Sabu dan Ribuan Pil Ekstasi Dalam...

Heboh, Warga Lamsel Temukan Puluhan Kg Sabu dan Ribuan Pil Ekstasi Dalam Koper di Pinggir Jalinsum

179
BERBAGI
barang bukti narkoba puluhan kilogram sabu-sabu dan ribuan butir pil ekstasi yang ditemukan warga di pinggir Jalinsum Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan tepatnya di dekat pabrik sabut kelapa.
barang bukti narkoba puluhan kilogram sabu-sabu dan ribuan butir pil ekstasi yang ditemukan warga di pinggir Jalinsum Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan tepatnya di dekat pabrik sabut kelapa.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN–Seorang pemuda bernama Sandi (30), warga Desa Babatan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan menemukan narkotika jenis sabu-sabu seberat 15 Kg dan 7.585 butir pil ekstasi dalam tas koper besar warna hitam, pada Selasa (3/11/2020) malam sekitar pukul 17.05 WIB.

Informasi yang didapat teraslampung.com, puluhan kilogram sabu dan ribuan butir pil ekstasi tersebut, ditemukan Sandi dipinggir Jalan lintas sumatera (Jalinsum) di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan tepatnya di dekat pabrik sabut kelapa.

Curiga dengan tas koper besar yang ditemukan itu, Sandi memberitahukan ke warga setempat dan melaporkan temuan itu ke Sertu Kurdi anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) 421-10/Katibung.

Mendapat informasi dari warga, Sertu Kurdi menuju lokasi dan bersama warga mencoba membuka tas koper besar mencurigakan tersebut. Begitu dibuka, mereka terkejut karena didalamnya berisi beberapa paket besar narkoba jenis sabu-sabu dan ekstasi.

“Ya mas benar, semalam paket narkoba dalam jumlah besar itu ditemukan. Saya dapat informasi dari warga, tadinya saya kira isi di dalam tas koper besar itu tawas, nggak taunya narkoba jenis sabu-sabu dan ekstasi,”kata Sertu Kurdi kepada teraslampung.com, Rabu (4/11/2020).

Dandim 0421/LS, Letkol (Inf) Enrico Setiyo Nugroho bersama Kasat Reserse Narkoba Polres Lampung Selatan, AKP Abadi menunjukkan barang bukti paket narkoba dalam jumlah besar yang ditemukan warga Lampung Selatan.
Dandim 0421/LS, Letkol (Inf) Enrico Setiyo Nugroho bersama Kasat Reserse Narkoba Polres Lampung Selatan, AKP Abadi menunjukkan barang bukti paket narkoba dalam jumlah besar yang ditemukan warga Lampung Selatan.

Selanjutnya, kata Sertu Kurdi, temuan paket narkoba tersebut langsung diserahkan ke Makodim 0421 Lampung Selatan.

“Malam itu juga, temuan barang haram (narkoba) itu langsung kami bawa ke Makodim. Mengenai berapa jumlahnya, saya tidak tahu persis tapi yang jelas banyak,”terangnya.

Terpisah, Komandan Kodim (Dandim) 0421/LS, Letkol (Inf) Enrico Setiyo Nugroho membenarkan terkait adanya penemuan paket narkoba jenis sabu dan ekstasi dalam jumlah besar oleh warga tersebut.

Menurutnya, warga setempat bernama Sandi yang menemukan koper besar berisi paket narkoba itu memberitahukan ke warga lainnya bernama Andi Azis yang saat itu berada di Pos penjagaan Pantai Tanjung Selaki Tarahan.

“Kebetulan, malam itu ada salah satu anggota Babinsa kami yakni Sertu Kurdi melintas. Saat itu juga, warga langsung melaporkan penemuan tas koper besar warna hitam mencurigakan itu,”ujarnya.

Selanjutnya, kata Letkol (Inf) Enrico Setiyo Nugroho, Sertu Kurdi menghubungi anggota Unit Intel Kodim 0421/LS yakni Pelda Ferdian. Dilokasi, mereka bersama-sama membuka tas koper besar mencurigakan yang ditemukan oleh warga tersebut.

“Ternyata tas koper besar itu, berisi beberapa paket besar narkoba jenis sabu dan pil ekstasi,”bebernya.

Dengan adanya temuan paket besar narkoba tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Polres Lampung Selatan dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung.

“Semalam barang bukti narkoba tersebut kami serahkan ke Polres Lampung Selatan yang diwakili oleh Kasatresnarkoba yang memiliki kewenangan untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut,”ungkapnya.

“Dari hasil penghitungan, untuk paket sabu-sabu seberat 15 Kg dan pil ekstasi sebanyak 7.585 butir. Nilai paket narkoba yang ditemukan tersebut, ditaksir mencapai Rp 25 miliar,”terangnya.

Letkol (Inf) Enrico Setiyo Nugroho menduga, puluhan kilogram sabu-sabu dan ribuan butir pil ekstasi yang ditemukan itu, sengaja diletakkan di pinggir Jalinsum sebelum dijemput oleh seseorang terduga pelaku kurir atau bandar narkoba.

“Dugaan kami, barang bukti paket besar narkoba itu memang sengaja diletakkan di pinggir jalan dan nantinya ada yang mengambilnya entah itu kurir atau bandarnya,”tandasnya.

Sementara Kasat Reserse Narkoba Polres Lampung Selatan, AKP Abadi saat dikonfirmasi membenarkan terkait temuan tas koper besar yang didalamnya berisi paket narkoba dalam jumlah besar oleh warga di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung semalam.

“Ya benar, paket narkoba tersebut sudah diserahkan semalam dan kami bersama pak Dandim Letkol (Inf) Enrico Setiyo Nugroho langsung menggelar press rilis hasil temuan narkoba tersebut,”ungkapnya.

Namun AKP Abadi belum dapat memberikan keterangan lebih lanjut atas temuan paket narkoba dalam jumlah besar tersebut oleh warga.

“Untuk sementara saya belum bisa jelaskan lebih lanjut, saat ini kami masih melakukan penyelidikan atas temuan barang haram (narkoba) tersebut,”pungkasnya.

Atas penemuan narkoba jenis sabu-sabu dan ekstasi dalam jumlah besar oleh warga yang kemudian dilaporkan ke anggota Kodim 0421/LS tersebut patut diapresiasi. Pasalnya, Kabupaten Lampung Selatan yang merupakan sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera, masih menjadi favorit sebagai “Jalur Sutra” bagi para penyelundup barang haram (narkoba) dan hewan dilindungi.