Herman HN: Buat KTP dan KK di Bandarlampung Kini Makin Mudah

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Walikota Bandar Lampung Herman berharap dengan diresmikannya satu unit Mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Mal Pelayanan Satu Atap Pemkot Bandrlampung, Kamis (3/12/2020), pembuatan kartu tanda pendiduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) menjadi lebih mudah dan cepat.

“Dengan adanya mesin ini proses pembuatan KTP dan KK akan lebih lancar dan cepat serta akurat supaya masyarakat tidak lagi mengantre. Bagaiman kita harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat dan seluruh pelayanan publik,” katanya.

Herman HN menegaskn sejak 2014 Dukcapil Bandarlampung menggratiskan biaya pembuatan KTP dan KK.

“Tanpa dipungut biaya, bahkan dokumen diantar ke rumah-rumah warga bersama petugas Kecamatan, Kelurahan, dan Satpol PP bersama dengan dikoordinir Disdukcapil,” kata Herman HN.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan dan Pecatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bandar Lampung Ahmad Zainuddin mengatakan sekarang ini pelaksanaan pencetakan dan penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil semuanya secara online sesuai Permendagri Nomor 7 Tahun 2019.

Sekarang ini mesin ADM satu unit yang berada di mal pelayanan satu atap dapat digunakan untuk langsung untuk mencetak kartu keluarga, KTP-el, Kartu Identitas Anak (KIA), dan akta yang diperlukan.

“Memasuki pilkada di masa pandemi seperti ini, apabila ada yang ingin mengurus berkas-berkas untuk kepentingan pilkada, mesin ADM ini sangat cocok dipergunakan untuk menghindari kerumunan agar terhindar dari ancaman pandemi Covid-19,” katanya.

 

Loading...
  • Bagikan