Beranda News Pilgub Lampung Herman HN Siap Jadikan Lampung Sebagai Lumbung Beras Nasional

Herman HN Siap Jadikan Lampung Sebagai Lumbung Beras Nasional

161
BERBAGI
Herman HN berkampanye di Lapangan Srimulyo, Seputih Surabaya, Lampung Tengah (15/5).
Herman HN berkampanye di Lapangan Srimulyo, Seputih Surabaya, Lampung Tengah (15/5).

TERASLAMPUNG.COM — Calon Gubernur (cagub) Lampung nomor urut 2, Heman HN, bertekad menjadikan Lampung sebagai lumbung beras nasional. Herman HN juga bertekad menjadikan Lampung sebagai provinsi kedua pemasok beras nasional setelah Jawa Barat.

“Sebagai wujud kedaulatan pangan, lahan sawah di Lampung akan dimaksimalkan untuk pertanian padi”, kata Herman HN saat berkampanye di Lapangan Srimulyo, Seputih Surabaya, Lampung Tengah (15/5).

Untuk itu, Herman HN akan memastikan pupuk dan obat pertanian tersedia cukup untuk didistribusikan ke petani.

“Saya sudah bertemu dengan ahli pupuk, mereka siap bantu sediakan pupuk untuk petani. Jadi kita tidak bergantung lagi pada stok pupuk bersubdidi yang hanya 10% dari kebutuhan pupuk Lampung,” kata Herman HN.

Herman HN mengatakan, untuk mengurangi risiko gagal panen, petani padi akan diikutsertakan dalam program asuransi pertanian padi.

“Preminya sebagian dibayar oleh Pemerintah. Kalau petani gagal panen akibat hama, banjir dan kekeringan akan mendapat ganti rugi dari perusahaan asuransi,” katanya.

Menanggapi hal tersebut, Muniarti (40), warga Seputih Surabaya, mengatakan, masyarakat Rumbia yang sebagian besar hidup sebagai petani membutuhkan kepastian ketersedian pupuk untuk setiap musim tanam.

“Kami minta Pak Herman HN, kalau jadi Gubernur Lampung, menyediakan pupuk sesuai kebutuhan petani dan tepat waktu agar tidak gagal panen,” harap Muniarti.