Beranda News Pilgub Lampung Herman HN – Sutono Panen Raya Padi di Lampung Tengah

Herman HN – Sutono Panen Raya Padi di Lampung Tengah

131
BERBAGI
Herman HN - Sutono ikut memetik padi di persawahan di Desa Simbar Waringin, Trimurjo, Lampung Tengah,,Jumat (11/5/2018).
Herman HN - Sutono ikut memetik padi di persawahan di Desa Simbar Waringin, Trimurjo, Lampung Tengah,,Jumat (11/5/2018).

TERASLAMPUNG.COM — Herman HN – Sutono melakukan panen raya padi di Simbar Waringin, Trimurjo, Lampung Tengah (Lamteng). Keduanya tampak berbaur dengan petani di sawah untuk memotong padi dengan ani-ani dan traktor.

Herman HN mengatakan, panen raya padi ini membuktikan pertanian Lampung dapat diandalkan. Ia menambahkan, jika pertanian Lampung diurus, kedaulatan pangan yang diharapkan dapat terwujud.

“Untuk itu, petani harus dibantu dengan pupuk tepat waktu, air cukup, bibit yang baik dan obat pertanian yang cukup,” kata Herman HN.

Cagub Lampung ini juga mengatakan, untuk stabilitas harga pasca panen, butuh kerjasama banyak pihak untuk menyerap seluruh hasil panen petani.

“Harus kejasama, kelompok tani, bulog dan swasta untuk beli hasil panen. Industri pengolahan juga harus didorong terbangun di setiap Kabupaten untuk serap hasil panen,” katanya.

Sementara, cawagub Lampung Sutono mengatakan lahan pertanian harus dimaksimalkan untuk mendapatkan panen yang berlimpah.

“Petani Lampung butuh intensifikasi, diversifikasi dan ekstensifikasi pertanian. Untuk itu, PPL pertanian harus dimaksimalkan memberikan pengetahuan pertanian yang cukup kepada petani,” kata Sutono.