Beranda Hukum Hina Presiden di Medsos, Suyanto Alias Keling Dibekuk Polda Lampung

Hina Presiden di Medsos, Suyanto Alias Keling Dibekuk Polda Lampung

3059
BERBAGI
Suyanto alias Keling tersangka dugaan ujaran kebencian presiden Joko Widodo di media sosial Facebook yang diamankan tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Lampung
Suyanto alias Keling tersangka dugaan ujaran kebencian presiden Joko Widodo di media sosial Facebook yang diamankan tim Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Lampung

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN — Petugas Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Lampung, menangkap Suyanto alias Keling (37) terkait dugaan ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo melalui media sosial Facebook. Polisi menangkap Keling di rumahnya di Dusun IV, Desa Sidorejo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Sabtu 5 Mei 2018 sekitar pukul 11.00 WIB.

Penangkapan tersebut, berdasarkan laporan polisi nomor: LP/A-628/IV/2018/spkt tgl 21 april 2018.

“Ya benar, ada salah satu warga saya yang biasa dipanggil dengan nama Keling diamankan oleh anggota dari Polda Lampung tadi siang sekitar pukul 11.00 WIB,” kata Kepala Desa Sidorejo, Tommy Yulinto, Sabtu 5 Mei 2018 malam.

Tommy sapaan akrabnya mengaku, tidak mengetahui secara persis mengenai ujaran kebencian yang dilakukan oleh warganya tersebut di akun facebook pribadinya.

“Kalau status facebooknya mengenai ujaran kebenciannya seperti apa, saya nggak begitu paham. Kalau informasi yang saya dapat, mengenai ujaran kebencian pak presiden Jokowi,”ungkapnya.

Dikatakannya, bahwa dirinya ikut menyaksikan saat dilakukan penangkapan terhadap salah satu warganya tersebut, yang diduga melakukan ujaran kebencian di media sosial.

“Sebelum ditangkap, awalnya Kapolsek Sidomulyo bersama anggota Polda datang menemui saya dan memberitahukan kalau mau menangkap Suyanto alias Keling itu,”jelasnya.

Sementara Kapolsek Sidomulyo, Iptu Sigit Riyanto, saat dikonfirmasi membenarkan, mengenai adanya penangkapan tersangka Suyanto alias Keling oleh petugas Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Lampung.

“Penangkapan tersangka, diduga melakukan ujaran kebencian karena menghina Presiden Jokowi di akun facebook pribadinya,”ungkapnya.

Selanjutnya, kata Sigit Riyanto, dari penangkapan itu, tersangka langsung dibawa ke Mapolda Lampung untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Berdasarkan penelusuran Teraslampung.com, gambar foto Suyanto alias Keling sama persis dengan pemilik akun Facebook dengan nama Rizqy Ahmad Fahrezy. Di alamat url tertulis https://www.facebook.com/yandi.maulana3 atau berbeda dengan nama untuk akun Facebookny.

Kepastian jati diri Suyanto alias Keling apakah sama dengan Rizqy Ahmad Fahrezy atau apakah dua nama itu adalah dua orang yang berbeda baru akan jelas setelah Polda Lampung melakukan ekspos perkara. Kemungkinan baru pada Minggu (6/5/2018) atau Senin (7/5/2018) ekspos dilakukan Polda Lampung.

Dari timeline Facebook Rizqy Ahmad Fahrezy diketahui bahwa dia pendukung #2019GantiPresiden dan pengagum Felix Siauw.