Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Hindari Dampak Negatif Teknologi, Para Orang Tua Diimbau Tingkatkan Pengawasan terhadap Anak

Hindari Dampak Negatif Teknologi, Para Orang Tua Diimbau Tingkatkan Pengawasan terhadap Anak

72
BERBAGI
Sekretaris Kabupaten Lampung Utara, Samsir membacakan sambutan pada pengajian dan tabligh akbar dalam rangka haflah Akhirussanah atau kelulusan Pondok Pesantren Walisongo tahun pelajaran 2015/2016

Feaby/Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara mengimbau para orang tua agar lebih meningkatkan pengawasan kepada anak – anaknya khususnya dari pengaruh negatif kemajuan teknologi. Menurut Sekda Pemkab Lampung Utara, Samsir, tak bisa dimungkiri, terjadinya berbagai kasus pelecehan seksual atau kekerasan seksual belakangan ini merupakan efek domino penggunaan teknologi yang kurang bijaksana.

“Teknologi akan sangat bermanfaat ketika digunakan secara arif dan bijaksana oleh para generasi muda kita. Di sinilah peran orang tua membimbing anak – anaknya agar tak terjebak dalam pusaran pengaruh negatif teknologi,” kata Sekretaris Kabupaten, Samsir saat menghadiri pengajian dan tabligh akbar dalam rangka haflah Akhirussanah atau kelulusan Pondok Pesantren Walisongo tahun pelajaran 2015/2016, Kecamatan Abung Selatan, Rabu (18/5).

B‎erbagai kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang marak terjadi belakangan ini, menurut Samsir lagi, tak hanya disebabkan oleh faktor ekonomi, pendidikan, narkoba, gaya hidup tapi juga disebabkan oleh faktor kemajuan teknologi yang kian canggih dari waktu ke waktu. Pengawasan terhadap penggunaan teknologi terhadap anak akan sangat bermanfaat sehingga berbagai informasi yang didapat oleh mereka dari internet agar benar – benar tersaring dengan baik.

“Melalui internet atau smartphone (ponsel pintar,red), anak – anak kita mampu dengan mudah mendapatkan informasi apa pun y‎ang diinginkannya termasuk konten yang berbau porno. Awasi penggunaanya dan tingkatkan bekal ilmu agama kepada anak kita sebagai langkah antisipatif terjadi perbuatan – perbuatan yang kurang baik,” imbaunya.