Hiswanamigas Laporkan Kasus Pengoplosan BBM ke Polda Lampung

  • Bagikan
Donny Irawan menunjukkan BBM oplosan pada Konpres di Kantor Hiswanamigas, Selasa (10/01).

TERASLAMPUNG,COM — Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswanamigas) Lampung melaporkan tiga kasus pengoplosan bahan bakar minyak (BBM) ke Polda Lampung yang dilakukan pangkalan minyak Sinaga di Jalan Soekarno Hatta,  Bandar Lampung,  Senin (9/01).

“Kami sudah melaporkan tiga  kasus pengoplosan minyak dengan enam sopir sebagai pelaku, termasuk pangkalan Sinaga ke Polda Lampung pada Senin kemarin,”  kata Donny Irawan, Ketua Hiswanamigas Lampung bidang SPBU, Donny Irawan, saat konferensi pers di Kantor Hiswanamigas,  Selasa (10/01).

Soal pangkalan minyak Sinaga,  kata Donny,  mereka biasa bercokol dan setiap hari mangkal disana dan menerima mobil tangki bersubsidi.

“Barang itu sudah dioplos hampir sama dengan barang yang beredar,” katanya.

Menurut Donny, kasus pengoplosan BBM sudah terjadi sejak lama. Sejak sepuluh tahun terakhir, kata Donny, respons penegak hukum sangat lambat.

“Harusnya penegak hukum jemput bola dan jangan anggap angin lalu.  Selain itu,  lambat / kurang cepat penanganannya.  Dan harus ada pencegahan /preventif dan percepatan penanganan kasus kasus BBM,”  jelasnya.

Modus pengoplosan biasanya barang berasal dari Jambi melalui sumur rakyat belum siap untuk dipakai /diolah diramu dengan barang siap saji premium dan solar.

BACA: Korem Garuda Hitam Tangkap Truk Pengangkut BBM Ilegal

“Banyak minyak beredar di Lampung tidak berstandar tapi tetap dijual di pasaran,” katanya.

Berdasarkan catatan Teraslampung.com, kasus pengoplosan BBM memang sudah sering terjadi di Lampung, terutama di Bandarlampung. Tindak lanjut penanganan kasusnya hampir semuanya tidak jelas.

Menurut Donny,  selain melaporkan kasus pengoplosan BBM,  Hiswanamigas juga melaporkan dugaan penganiayaan yang dilakukan oknum TNI Angkatan Laut terhadap Donny dari Hiswanamigas dengan mengancungkan sangkur dengan nomor TNI 2007.567.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page